Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menempelkan objek tepat di tengah permukaan objek lainnya. Salah satunya ditulis di sini sebagai catatan dari tutorial yang dicoba oleh penulis ketika belajar menggunakan Blender. Berikut ini langkah yang dapat ditempuh.
- Buka aplikasi Blender.
- Buat 2 kubus, kubus besar dan kubus kecil.
- Biarkan kubus standar ada, klik kubus tersebut dan tekan Shift D untuk membuat duplikatnya.
- Tekan G kemudian Y dan geser kubus agar kubus baru itu bergeser searah sumbu Y kemudian klik tombol kiri mouse (LMB).
- Tekan S (untuk menykala/mengecilkan objek secara proporsional) kemudian geser pointer ke arah tertentu agar kubus mengecil, klik LMB.
- Posisikan pivot point di dasar kubus kecil.
- Putar kubus kecil dengan tekan dan tahan tombol tengah mouse agar dasarnya tampak.
- Tekan Ctrl dan tanda titik (.) di keyboard untuk mengubah titik pivot objek dengan mudah.
Bila nanti ingin menonaktifkan fungsi ini tekan Ctrl . (titik) lagi.
- Tekan Ctrl Shift Tab untuk melakukan pengaturan Snap to.
- Pilih Vertex kemudian lakukan pengaturan seperti gambar berikut.
- Tekan Shift Tab untuk mengaktifkan Snap (ikon magnet menjadi aktif/warna biru).
- Tekan G di keyboard.
- Arahkan ke vertex tertentu dan tekan A untuk snap to vertex tersebut, kemudian pindahkan ke vertex lain dan tekan A lagi begitu seterusnya, misalnya pada muka kubus dapat di klik 4 vertex pada muka kubus tersebut maka titik pivot akan berpindah ke tengah muka kubus.
Klik tombol mouse kiri (LMB) bila sudah sesuai.
- Tekan Ctrl + titik lagi.
- Putar kubus kecil dengan tekan dan tahan tombol tengah mouse agar dasarnya tampak.
- Penempatan kubus kecil tepat di tengah dalam kubus besar.
Klik pada kubus kecil, tekan G, kemudian arahkan pointer ke satu vertex kemudian tekan A hingga terdapat tanda bulatan kecil pada vertex tersebut.
Lakukan hal ini pada tiga vertex lain yang ada di permukaan kubus. Jangan lupa tekan A pada setiap vertex. Bila sudah klik LMB. - Selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar