Tutorial Blender Dasar: Membuat Objek Bergerak Mengikuti Alur Kurva

Rabu, 15 Desember 2021 edit

Hal mendasar yang perlu dipahami untuk membuat sebuah pergerakan sebuah objek di Blender salah satunya dengan menggunakan cara sederhana seperti yang ditulis dalam manual Blender. Pada tulisan ini hanya sekadar catatan penulis ketika baru belajar menggunakan Blender. 

Skenarionya, membuat objek, misalnya kubus default dan sebuah kurva berupa lingkaran bezier. Kubus diatur agar bergerak sesuai lintasan lingkaran. 

Berikut ini langkahnya.

  1. Buka aplikasi Blender.

  2. Kubus yang muncul sebagai default objek diperkecil.
    Tekan S dan geser tanda panah ke arah kubus agar mengecil ukurannya.

  3. Buat Objek berupa kurva berbentuk lingkaran.
    Klik menu Add > Curve > Circle. Bila menggunakan shortcut tekan Shift A, C, C.

  4. Tekan S, 4, dan Enter kemudian klik kiri di luar area objek.

  5. Klik kubus, tekan Shift, klik lingkaran. 

  6. Tekan Ctrl P untuk menjadikan lingkaran sebagai "parent kubus", Pilih Follow path.

  7. Klik menu Object > Clear > Origin. Kubus akan menempatkan diri pada kurva lingkaran.

  8. Tekan spasi (spacebar keyboard) untuk menjalankan atau menghentikan animasi.

  9. Selesai.


KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info