Tutorial Blender Dasar: Membuat Animasi Inti Atom pada Model Atom Bohr

Jumat, 17 Desember 2021 edit

Tutorial ini memberikan ilustrasi animasi sederhana untuk inti atom helium (2 proton & 2 neutron) yang berputar secara acak pada pusa koordinat. Untuk ilustrasi animasi elektron ala Model Atom Bohr dapat disimak di sini. Untuk selanjutya silakan gabungkan untuk inti dan elektronnya.



Tutorial format video dapat disimak pada video youtube berikut, sedangkan tutotial bentuk teks silakan lanjut di bagian bawah video.


Tutorial format teks dan gambar.
  1. Buat 4 buah (UV Sphere) yang dijadikan model 2 proton dan 2 neutron.
    Klik Add > Mesh > UV Sphere, ukurannya diperkecil dengan menekan S dan tekan tanda titik kemudian angka 41. Bola mengecil dengan skala 0,41.
    Tekan SHIFT D (membuat duplikat), dan G (geser), kemudian pindahkan agar tidak menyatu dengan bola sebelumnya.
    Lakukan hal ini sebanyak 3 kali hingga semua bola menjadi 4 buah. 

  2. Agar posisinya saling menempel perlu dibuatkan objek bantu.
    Di sini menggunakan Regular Solid Tetrahedral.
    Klik Add > Mesh > Math Function > Regular Solid > Tetrahedron.
    Tekan S kemudian ketik 0.5

  3. Tekan SHIFT TAB untuk mengaktifkan Snap (ikon magnet).
    Klik Snap To (persis ada di sebelah kanan ikon magnet), pilih Vertex > Snap With Center dan yang lain seperti gambar berikut.



  4. Seleksi bola, tekan G, arahkan kursor tepat ke salah satu sudut tetrahedron. Lakukan untuk bola yang lain ke sudut lainnya hingga semua bola terletak pada setiap sudut tetrahedron.

  5. Beralih ke Viewport Shading > Material Properties untuk memberi warna setiap bola. Misalnya proton diberi warna merah dan neutron diberi warna biru.


  6. Klik salah satu bola, kemudian tekan dan tahan SHIFT, klik setiap bola kemudian tekan CTRL J agar semua menjadi satu grup.

  7. Klik menu Object > Set Origin > Origin to 3D Cursor. Ini untuk memosisikan titik/poin/pivot/origin ke kursor 3D.

  8. Proses menganimasi inti atom yang berputar pada pusat sumbu.
    1. Klik bola inti atom.
    2. Di bagian bawa layar (Playback) untuk Start biarkan angka 1 dan End ubah menjadi 99.
    3. Aktifkan Auto Keying.
    4. Posisikan slider ke Key 1, beralih ke Object Properties di bagian Transform Rotation ubah nilai di XYZ menjadi 0. Klik kanan di bagian X, pilih insert Keyframes.
    5. Posisikan slider ke Key 99, beralih ke Object Properties di bagian Transform Rotation ubah nilai di XYZ menjadi 356. Klik kanan di bagian X, pilih insert Keyframes.
    6. Coba tekan Spacebar (Spasi) Keyboard untuk menjalankan atau menghentikan animasi.
    7. Tekan SHIFT F12 > Klik Key > Interpolation Mode > Linear.
      Tujuannya agar animasi menjadi linier, bukan smooth saat awal maupun akhir keyframe.
    8. Balik ke Timeline (Playback), klik bagian Keying kemudian beri tanda centang.
    9. Selesai. KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info