Tutorial Blender Dasar: Menempelkan Objek ke Muka atau Sisi Objek Lain

Minggu, 05 Desember 2021 edit

Berikut ini catatan penulis ketika baru belajar menggunakan aplikasi Blender 3D. Untuk tujuan tertentu pengguna kadang perlu menempelkan satu objek ke muka (face) atau sisi objek lain. Dicontohkan menempelkan kubus, kerucut, silinder ke permukaan ico sphere yang lebih besar. 


1. Membuka aplikasi Blender. 

2. Membuat kubus (cube), secara default sebuah kubus akan muncul begitu Blender di buka.

  • Bila kubus sudah muncul, tekan A (menyeleksi), S (menskala) kemudian geser tanda panah agar kubus menjadi lebih kecil.
  • Tekan G kemudian Y dan geser menjauh dari titik pusat sumbu.
  • Pindahkan 3D Cursor dan pivot (origin) point ke dasar objek. Caranya simak di sini.

3. Membuat silinder (cylinder)

  • Klik Add > Mesh > Cylinder atau dapat dilakukan dengan menekan Shift A, M, Y.
  • Tekan A (menyeleksi), S (menskala) kemudian geser tanda panah agar kubus menjadi lebih kecil.
  • Tekan G kemudian Y dan geser menjauh dari titik pusat sumbu.
  • Pindahkan 3D Cursor dan pivot (origin) point ke dasar objek. 

4. Membuat Kerucut (cone)

  • Klik Add > Mesh > Cone atau dapat dilakukan dengan menetakan Shift A, M, N.
  • Tekan A (menyeleksi), S (menskala) kemudian geser tanda panah agar kubus menjadi lebih kecil.
  • Tekan G kemudian Y dan geser menjauh dari titik pusat sumbu.
  • Pindahkan 3D Cursor dan pivot (origin) point ke dasar objek. 

5. Membuat ico sphere

  • Klik Add > Mesh > Ico Sphere atau dapat dilakukan dengan menekan Shift A, M, I. 
  • Tekan A (menyeleksi), S (menskala) kemudian geser tanda panah agar kubus menjadi lebih besar.

6. Mengatur Snap to di Edit Mode
  • Tekan Tab untuk beralih ke Edit Mode
  • Di bagian Overlay klik tanda dropdown, kemudian seret kebawah untuk mengaktifkan Display Normal, bagian Normal seperti gambar barikut. 
  • Klik kiri mouse (LMB).

7. Mengatur Snap To di Objek Mode

  • Tekan Tab untuk beralih ke Object Mode
  • Tekan Shift Tab untuk mengaktifkan ikon magnet hingga berlatar biru.
  • Klik snipping yang berupa ikon dropdown kemudian lakukan pengaturan seperti yang tampak pada gambar berikut.

8. Menempelkan contoh objek yang sudah dibuat seperti langkah sebelumnya. Lakukan ini pada Objek Mode.

  • Klik salah satu objek (kubus atau silinder atau kerucut)
  • Tekan G, seret ke salah satu permukaan ico sphere.
  • Klik LMB.
  • Lakukan dengan cara yang sama untuk objek lain yang akan ditempelkan. 
  • Boleh juga menggandakan setiap objek kecil tersebut dengan seleksi objek, tekan Shift D, dan tekan G untuk menggeser dan menempelkan pada permukaan ico sphere.
9. Selesai.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info