Tutorial Blender Dasar: Membuat Animasi Elektron Model Atom Bohr

Kamis, 16 Desember 2021 edit

Saya baru belajar membuat animasi elektron berotasi pada lintasannya ala model atom Bohr menggunakan Blender. Seperti diketahui Blender ini merupakan aplikasi 3D, beda jauh dengan PowerPoint (2D saja) jika ingin memvisualkan elektron pada orbit (lintasan/kulit) atom. Berikut prosedur yang dapat ditempuh untuk membuat 8 elektron yang berotasi pada orbitnya.

  1. Buka aplikasi Blender.

  2. Menghapus objek kubus.
    Klik untuk seleksi kubus, klik Delete objek kubus.

  3. Buat objek bola (UV Sphere).
    Klik menu Add > Mesh > UV Sphere. 
    Shortcut: Tekan tombol Shift A, M, U.

  4. Perkecil objek bola dengan faktor 0,4.
    Tekan tombol S, tombol titik (.), tombol 4.

  5. Buat kurva berbentuk lingkaran yang akan dijadikan lintasan/kulit atom.
    Klik menu Add > Curve > Circle.
    Shortcut: Tekan tombol Shift A, C, C. 

  6. Perbesar lingkaran dengan faktor 4 atau sesuai kebutuhan.
    Tekan tombol S, tombol 4.

  7. Klik bola untuk menyeleksinya, kemudian tekan dan tahan tombol Shift, klik lingkaran.
    Tekan Ctrl P > Pilih Follow Path.

  8. Klik bola untuk menyeleksinya. Klik menu Object > Clear > Origin.

  9. Di bagian playback animasi, ubah final frame dari 250 menjadi 100.

  10. Tekan tombol spacebar (spasi) untuk menjalankan atau menghentikan animasi.

  11. Lakukan pengaturan seperti gambar berikut.



  12. Buat objek bantuan berupa segi-n dengan jumlah elektron yang akan ditampilkan agar posisi bola elektron tepat pada posisinya.
    Klik Add > Mesh > Circle.
    Di bagian kiri bawah layar, klik dropdown Add Circle dan Vertice semula 32 menjadi 8. Ini menjadikan lingkaran sebagai objek bantu ini menjadi segi delapan.

  13. Seleksi bola, tekan Shift D untuk melakukan duplikasi, Tekan G untuk memindah ke posisi lain pada lintasan. 

  14. Lakukan langkah-12 hingga semua bola elektron berjumlah 8.
    Hasilnya yang diharapkan seperti gambar berikut.



  15. Hapus lingkaran bantu (circle). Cara paling mudah agar tidak tertukar dengan kurva lingkaran/lintasan adalah dengan klik kanan Circle (ada di bagian kanan layar (Scene Collection) dan pilih Delete.

  16. Menyembunyikan garis penghubung (garis putus-putus yang menghubungkan setiap bola). Lakukan pengaturan seperti gambar berikut.


  17. Memperbesar ukuran lintasan elektron.
    Fokus ke layar properties (sisi kanan layar), Object Data Properties, lakukan ubahan seperti berikut di bagian Bevel.


  18. Atur kecepatan gerapan bola elektron seperti pengaturan seperti gambar berikut.



  19. Selesai. Hasil akhirnya akan seperti gambar pertama laman ini.

Tutorial yang sama dalam format video dapat disimak berikut ini.


KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info