Tutorial Blender Dasar: Membuat Material Shader Kaca Transparan (Eevee)

Jumat, 24 Desember 2021 edit

Sebagai pemula sangat menarik berlatih dari berbagai sumber tutorial. Kali ini dibuat catatan dari praktik menggunakan Blender membuat kaca transparan dengan objek kubus, monkey, dan plane. Dasar tutorial ini diambil dari sini agar penulis sendiri mudah untuk melakukan latihan atau pengulangan.

  1. Gunakan objek Kubus default Blender. 
  2. Tambahkan objek Plane dengan ukuran secukupnya untuk alas kubus. Caranya dengan tekan tombol keyboard G, Z kemudian arahkan ke dasar kubus.
  3. Pindahkan ke tab Viewport shading: Rendered, ada di bagian kanan atas.
  4. Klik ikon tab Material Properties, di panel kanan gulung ke Transmission, sila ubah menjadi 0.75.
  5. Beralih ke tab Scene (ikon kamera), beri tanda centang di Screen Space Reflections, dan juga Refraction (ini ada dalam mode dropdown Screen Space Reflections).
  6. Kembali beralih ke tab Material Properties, beri tanda centang di bagian Screen Space Reflections.
  7. Masih di tab Material Properties, ubah Roughness menjadi lebih rendah nilainya.
  8. Ubah warna kubus sesuai selera.
  9. Coba tambahkan material lain tepat dalam kubus dengan klik menu Add > Mesh > Monkey.

Demikian. KSJSS.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info