Tutorial Blender Dasar: Membuat Molekul H2O ala Molymod

Sabtu, 11 Desember 2021 edit

Untuk membuat model molekul perlu diketahui sudut ikatan dan proporsi  jari-jari kovalen setiap atom dalam molekul. Misalnya untuk molekul H2O (air) sudut ikatan H-O-H sebesar 104,47° dan jari-jari kovalen: O = 63 pm; H = 32 pm, di sini perbandingan jari-jari kovalen O dan H akan disederhanakan menjadi 2 : 1. Referensi jari-jari kovalen dapat dilihat di sini. Panjang ikatan untuk sekadar pemodelan akan dibuat proporsional tidak perlu di buat sesuai ukuran sesungguhnya.


Bagian-1: Membuat kerangka molekul H2O

  1. Buka aplikasi Blender

  2. Hapus kubus dengan menekan Delete di Keyboard

  3. Pada Object Mode, klik Add > Mesh > Single Vert > Add Single Vert.  
    Ini akan membuat titik simpul (vertex).
    Shortcut: Shift A, M, S, A.
    Secara otomatis akan beralih ke Edit Mode.

  4. Tekan E, Z, ketik 0.7, Enter.
    Ini akan meng-ekstruksi titik simpul ke arah sumbu Z dengan jarak 0,7 satuan.

  5. Tekan F.
    Ini untuk membuat edge (tepi/garis) yang menghubungkan dua titik simpul.

  6. Fokus ke sisi kanan layar, ubah nilai Rotasi di sumbu X menjadi 104.47 tekan Enter.
    Ini akan merotasi edge searah sumbu X sebesar 104,47°.


  7. Seleksi titik simpul di pusat koordinat.

  8. Tekan E, Z, ketik 0.7, Enter.
    Ini akan meng-ekstruksi titik simpul ke arah sumbu Z dengan jarak 0,7 satuan (seperti langkah-4).

  9. Hasil akhir bagian ini.
Bagian-2: Membuat Atom O dan H
Lanjutkan dari bagian-1
  1. Tekan Tab di keyboard untuk beralih ke Object Mode.

  2. Klik Add > Mesh > UV Sphere.
    Ini akan membuat model atom O.
    Shortcut: Shift A, M, U.

  3. Tekan S, 0.2, Enter.
    Ini akan mengubah skala bola menjadi 0,2 satuan.

  4. Klik Add > Mesh > UV Sphere.
    Ini akan membuat model atom H.
    Shortcut: Shift A, M, U.

  5. Tekan S, 0.1, Enter.
    Ini akan mengubah skala bola menjadi 0,1 satuan.

  6. Tekan G, Z, 0.7, Enter.

  7. Tekan Shift Tab.
    Ini untuk mengaktifkan Snap (ikon magnet).

  8. Tekan Ctrl Shift Tab. Lakukan ubahan seperti pada gambar berikut.


  9. Tekan Shift D.
    Ini akan menduplikasi objek.

  10. Tekan G dan arahkan model atom H ke titik simpul lain yang akan ditempati atom H tersebut.


Bagian-3: Membuat Batang Penghubung Ikatan antara Atom O dan H
Lanjutkan dari bagian-2
  1. Klik Add > Mesh > Cylinder. 
    Ini akan membuat silinder.
    Shortcut: Shift A, M, Y.

  2. Ubah skala silinder seperti pada gambar.


  3. Tekan G, Z untuk memosisikan silinder seperti gambar berikut.


  4. Tekan G, Z untuk memosisikan silinder dibawah bola atom agar tidak tumpang tindih dengan bola atom H.

  5. Tekan Tab di keyboard untuk beralih ke Edit Mode bila belum dalam mode Edit.

  6. Tekan Ctrl R (Loop Subdivide). Klik kiri, kemudian geser ke arah atas mendekati batas atas.

  7. Lakukan langkah-6  di bagian ini sebanyak 2 kali sehingga pada silinder menjadi seperti pada gambar berikut.


  8. Seleksi dengan memblok hasil subdivide, tekan S dan geser untuk membuatkan lebih besar atau lebih kecil, tekan Enter.

  9. Tekan G Z untuk memosisikan subdivide itu agar seperti pada gambar berikut.


    Bila sulit mengontrol posisi lakukan zoom-in lebih dahulu.

  10. Ubah skala X dan Y silinder bila tampak terlalu besar, misal semula skala X dan Y 0.07 ubah menjadi 0.05.

  11. Melakukan mirroring dan penggabungan agar batang penghubung molymod utuh. Silakan simak caranya di sini. Bila sudah selesai lakukan pemindahan dengan menekan G, Z dan arahkan ke posisi yang dikehendaki. Hasilnya akan seperti gambar berikut.



  12. Lakukan duplikasi batang penghubung/ikatan, dan tempatkan di garis lain.
    Tekan Tab di keyboard untuk beralih ke Object Mode. 
    Klik Objek batang penghubung, tekan Shift D, tekan G, geser menjauh dari posisi semula dan tekan enter.


  13. Tekan Shift Tab.
    Ini untuk mengaktifkan Snap (ikon magnet) bila belum aktif.

  14. Tekan Ctrl Shift Tab. Lakukan ubahan seperti pada gambar berikut.


  15. Tekan G kemudian dekatkan objek batang penghubung ke garis antara atom O dan H, sehingga hasilnya seperti berikut.


  16. Hasil akhir setelah dilakukan pewarnaan bisa seperti gambar berikut.

Detailnya silakan simak tutorialnya pada video berikut.

Selesai. KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info