Tutorial Bender Dasar: Membuat Inti Atom Berjumlah Banyak Secara Acak

Rabu, 29 Desember 2021 edit

Catatan ini dibuat berdasarkan praktik dari tutorial ini dengan dilakukan sedikit perubahan untuk membuat inti atom Model Atom Bohr. Jumlah proton dan neutron dibuat secara acak juga, toh ketika divisualkan jumlah inti yang banyak tidak perlu mendapat perhatian. Tutorial ini dipraktikkan menggunakan Blender versi 3. Detail tutorial format video dapat disimak di bagian akhir catatan ini.

  1. Buat Sphere dengan skala 0.3, ubah warna menjadi biru.
    Buat duplikat dengan menekan SHIFT D, dan pindahkan ke posisi berbeda agar tidak bertumpuk.
  2. Buat Icosphere
  3. Seleksi Icosphere dan lakukan ubahan Object Properties > Instance. Alihkan ke Instance > Face.
  4. Pindah ke Edit Mode (Tekan Tab) > Mesh > Transform > Randomize
    Ubah default Randomize menjadi seperti berikut, agar posisinya sedikit acak.


  5. Pindah ke Object Mode (Tekan Tab), seleksi salah satu Sphere, tekan SHIFT, LMB Icosphere.
  6. Tekan CTRL P > Object (Without Inverse), hasilnya seperti gambar berikut.


  7. Mengubah warna menjadi biru dan merah secara acak. Pengaturan dilakukan di Shader Editor.
    Shader Editor-1
    Buat duplikat untuk Principle BSDF, salah satunya warna diubah menjadi merah.
    Tambahkan Mix Shader dan hubungkan seperti gambar berikut.


    Shader Editor-2
    Klik Add > Input > Object Info.
    Klik Add > Converter > Math. Ubah di dropdown Add menjadi Greater Than.
    Hubungkan seperti gambar berikut.

  8. Sembunyikan viewport untuk Icosphere ini, kemudian buat Icosphere lagi.

  9. Seleksi Icosphere dan lakukan ubahan Object Properties > Instance. Alihkan ke Instance > Vertices.

  10. Pindah ke Edit Mode (Tekan Tab) > Mesh > Transform > Randomize
    Ubah default Randomize menjadi seperti berikut, agar posisinya sedikit acak.


  11. Pindah ke Object Mode (Tekan Tab), seleksi salah satu Sphere, tekan SHIFT, LMB Icosphere.

  12. Tekan CTRL P > Object (Without Inverse), hasilnya seperti gambar berikut.


  13. Klik Viewport untuk menampilkan Sphere pertama, kemudian dibagian Instance, Show instancer hilangkan tanda centang Viewport dan Render.

  14. Klik Viewport untuk menampilkan Sphere kedua, kemudian dibagian Instance, Show instancer hilangkan tanda centang Viewport dan Render.

  15. Hasil sampai di sini akan seperti gambar berikut.


  16. Lakukan penganimasian kedua Icoshere

Tutorial dalam format video dapat dapat disimak pada youtube berikut.


KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info