Tutorial Blender Dasar: Memisahkan Bagian dalam Obyek

Rabu, 01 Desember 2021 edit

Ini sekadar catatan ala penulis ketika belajar menggunakan Blender untuk memisahkan bagian obyek. Tutorial ini disarikan dari tutorial format video. Sebelum dilanjutkan khusus pengguna yang baru pertama kali menyentuh aplikasi Blender, FYI peran scroll mouse sangat penting, tekan dan tahan scroll mouse untuk memutar obyek, scroll ke depan untuk melihat obyek lebih besar, sebaliknya scroll ke belakang untuk melihat obyek lebih kecil. Berikut urutan yang dapat dilakukan sesuai tujuan.

  1. Buka aplikasi Blender.

  2. Hapus objek kubus (cube) dengan cara tekan DELETE di keyboard.

  3. Buat objek UV Sphere (bola).
    Ketika di Object Mode klik Add > Mesh > UV Sphere (bola).
    Dapat juga dilakukan dengan menekan SHIFT A→M→U.

  4. Tekan Numpad 1 (memutar view agar objek terlihat dari sisi depan atau sumbu Y).

    Bila di laptop tidak tersedia tombol Numpad silakan melakukan pengaturan lebih dahulu agar tombol angka 1, 2, 3, ... bisa difungsikan sebagai numpad. 

    Caranya:
    Klik Menu Edit > Preferences... > Input > Beri tanda centang di bagian Emulated Numpad. Sekarang tombol angka di bagian atas keyboard laptop sudah berubah sebagai Numpad. Bila ingin mengembalikan ke mode biasa (seperti sebelumnya) lakukan hal yang sama dan hilangkan tanda centang di bagian Emulated Numpad dengan cara mengklik tanda centang tadi.

  5. Tekan Numpad 5 (mengubah ke perspektif/ortografik view).

  6. Lakukan Zoom-in dengan scroll mouse agar tampilan UV Sphere lebih besar.

  7. Tekan TAB untuk beralih ke Edit Mode.

  8. Tekan A untuk menyeleksi semua.

  9. Tekan SHIFT Z untuk beralih ke tampilan wireframe Viewport Shading, kemudian klik tombol kiri mouse (LMB = left mouse button).

  10. Tekan B untuk mengaktifkan mode seleksi (yang akan digunakan untuk memblok bagian objek) berupa kotak warna putih.

  11. Lakukan seleksi (blok) pada separuh bagian atas UV Sphere seperti gambar berikut.


  12. Tekan P untuk memisahkan objek menjadi 2 bagian kemudian klik Selection.

  13. Tekan TAB untuk kembali ke Object Mode. Sekarang obyek UV Sphere sudah terpisah menjadi 2 bagian.

  14. Tekan SHIFT Z untuk mengubah tampilan dari wireframe ke solid Viewport Shading.

  15. Klik salah satu bagian untuk menyeleksi, kemudian Tekan G dan X kemudian geser objek, ini akan menggeser obyek searah sumbu X.

  16. Untuk view objek secara bebas tekan tombol tengah mouse/scroll-nya (MMB) dan tahan sambil gerakkan sesuai keinginan.

Selanjutnya dapat dilakukan manipulasi atau ubahan sesuai kebutuhan.
Ringkasan shortcut keyboard dapat disimak lebih lanjut di sini.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info