Tutorial Blender Dasar: Impor dan Edit File PDB (Model 3D Molekul) di Blender Persiapan untuk Augmented Reality

Rabu, 01 Desember 2021 edit

Untuk kebutuhan membuat model 3D molekul di augmented reality (AR) diperlukan file tertentu, misalnya file OBJ, file FBX, atau jenis file lainnya. Bila dilakukan langsung tanpa diedit lebih dahulu biasanya tampilan menjadi kurang bagus. Oleh karena itu file 3D molekul dengan tipe PDB atau XYZ yang ada dapat diimpor dari Blender dan diperbaiki. Berikut ini tahap yang dapat dilakukan.

Menyiapkan atau mendownload file 3D molekul dengan format PDB. Sebagai contoh boleh unduh dan menggunakan sampel molekul PCl5 yang berformat PDB. Klik di sini untuk file contoh. Bila mempunyai file tipe lain dapat dilakukan konversi menggunakan aplikasi Avogadro atau Open Babel atau yang lain.

Berikut ini langkah-nya.

  1. Buka aplikasi Blender.

  2. Hapus objek kubus (cube) dengan cara tekan DELETE di keyboard.

  3. Mengaktifkan Addons:
    Klik Menu Edit > Preferences... > Add-ons > Beri tanda Centang pada Import/Export: Atomic Blender PDB/XYZ. Kemudian tutup jendela Blender Preferences dengan klik tanda  di pojok kanan atas.


  4. Mengimpor file PDB.
    Klik menu File > Import > Protein Data Bank (.pdb)


    Arahkan ke folder yang berisi file 3D molekul berformat pdb. Jangan buru-buru klik tombol Import Protein Data Bank, ikuti langkah-5 dan seterusnya atau ikuti seperti pada gambar berikut.


  5. Klik tanda + di kolom Operator Presets, ketik nama dengan nama tertentu, bebas, agar bila ingin menggunakan pengaturan ini nanti tinggal pilih Operator Preset tersimpan, tidak perlu melakukannya lagi pengaturan.

  6. Di bagian Type of ball : ubah menjadi Mesh.

  7. Di bagian Scaling factor, untuk Balls ubah menjadi 0.5 (ini mengatur ukuran atom).

  8. Pastikan di bagian Sticks/bonds, Use stick tercentang.

  9. Ubah ukuran radius stick menjadi 0.10. 

  10. Beri tanda centang dengan klik kotak kecil di sisi kiri tulisan Bonds.

  11. Klik tombol Import Protein Data Bank.

  12. Klik A di keyboard untuk menyeleksi semua.

  13. Klik menu (tab Object)

  14. Pilih Apply > Make Instances Real.

  15. Masih dalam keadaan terseleksi, klik kanan tombol mouse (RMB) kemudian pilih Shade Smooth.

  16. Bila tidak ingin melakukan modifikasi lebih lanjut, seleksi semua dengan menekan A, kemudian tekan Ctrl J, ini menggabungkan semua komponen.

  17. Selesai.
Detail tutorial format video berikut.


Selanjutnya dapat dilakukan modifikasi sesuai kebutuhan berikutnya.
KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info