Ini merupakan catatan belajar menggunakan Blender. Diterapkan menggunakan Blender 2.93. Sebenarnya prosedurnya sederhana namun bagi pemula yang baru pertama menggunakan Blender ini menjadi masalah yang memusingkan. Beruntung tutorial dalam format teks maupun video cukup banyak.
Dicontohkan untuk melakukan mirroring Cone (kerucut) yang bertangkup pada dasar kerucut.
- Buka aplikasi Blender.
- Tekan Delete untuk menghapus Cube.
- Proses membuat kerucut.
- Pada Object Mode, klik Add > Mesh > Cone.
- Pindahkan 3D Cursor dan Origin point (titik kecil warna orange) ke dasar kerucut.
- Tekan Tab untuk beralih ke Edit Mode.
- Tekan dan tahan MMB (middle mouse button atau tombol tengah/scroll mouse) sambil digeser agar dasar kerucut tampak.
- Klik ikon yang berada persis di sebelah kiri tulisan View.
- Lakukan Face selection dengan klik bagian dasar kerucut.
- Klik Mesh > Snap > Cursor to selected.
- Klik Tab untuk beralih ke Object Mode.
- Klik Object > Set Origin > Origin to 3D Cursor.
- Pada Object Mode, klik Add > Mesh > Cone.
- Proses mirroring dan penggabungan antara objek dan hasil mirror objek.
- Klik ikon Modifier Properties.
- Klik Add Modifier > Mirror.
- Pada Axis, nonaktifkan X dengan cara klik X, dan aktifkan Z dengan klik Z.
- Klik tanda seperti pada gambar berikut kemudian klik Apply. Maka hasil mirror sudah berhasil bergabung.
- Klik Tab untuk memastikan bahwa setiap vertex semua dapat diseleksi, artinya hasil mirror objek sudah berhasil digabung.
- Klik ikon Modifier Properties.
- Selesai.
Detail cara melakukannya dapat disimak dalam video berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar