Tutorial Blender Dasar: Memutar Objek dengan Sumbu Putar di Edge/Tepi (Dicontohkan pada Objek Kubus)

Sabtu, 04 Desember 2021 edit

Berikut ini catatan penulis ketika baru belajar menggunakan aplikasi Blender 3D. Untuk tujuan tertentu pengguna kadang perlu melakukan rotasi (memutar) objek. Dicontohkan memutar kubus pada salah satu tepinya. Sumbu putar menggunakan salah satu tepi/rusuk/edge dari kubus. Diputar secara tegak lurus dengan sumbu putar.
  1. Buka aplikasi Blender.
  2. Buat sebuah kubus.
  3. Alihkan Layout Workspace ke Modeling Workspace (letak Workspace di sebelah kanan Menu Blender).
  4. Tekan Tab untuk beralih ke Edit Mode.
  5. Klik Edge Select.
  6. Klik salah satu edge (tepi) dari kubus yang akan dijadikan pusat putar.
  7. Klik Mesh > Snap > Cursor to Selected, agar 3D Cursor pindah ke titik tengah tepi yang diseleksi.
  8. Tekan Tab untuk beralih ke Objek Mode.
  9. Klik Object > Set Origin > Origin to 3D Cursor.
  10. Klik Tool Rotate atau tekan Shift Space kemudian tekan R. Kubus siap diputar dengan tepi sebagai pusat putar, arah putarnya harus yang tegak lurus dengan tepi sebagai pusat rotasi. 
  11. Jika ingin mengembalikan ke posisi awal, tekan N dan di bagian rotate kembalikan semua nilai XYZ menjadi 0. 
Referensi catatan ini berdasarkan video dari sini.

KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info