Tutorial Blender Dasar: Memisahkan Objek Hasil Duplikasi Menggunakan Modifier Array

Rabu, 15 Desember 2021 edit

Untuk keperluan tertentu kadang kita hendak membuat duplikasi secara cepat. Salah satunya dengan menggunakan Add Modifier Array. Selanjutnya objek hasil tersebut ingin dipisahkan menjadi objek yang tidak terkait dari objek asal. Hal ini dapat dilakukan secara cepat dengan prosedur berikut.


  1. Buka aplikasi Blender
    Tekan Delete untuk menghapus objek default kubus.

  2. Buat sebuah objek, misalnya berupa UV Sphere .
    Tekan Shift A, M, U.

  3. Tekan S, geser tanda panah yang muncul agar UV Sphere mengecil.

  4. UV Sphere masih terseleksi, Add Modifier > Array, di bagian Count ubah menjadi 5 misalnya.
    Klik  Apply (untuk memunculkan Apply klik tanda dropdown persisi di sebelah kiri tanda silang).



  5. Tekan Tab, untuk beralih dari Object Mode ke Edit Mode.

  6. Tekan P dan pilih Separate by loose parts.

  7. Tekan Tab, untuk beralih dari Edit Mode ke Object Mode.

  8. Klik menu Object > Set Origin > Origin to Geometry.

  9. Selesai semua objek hasil Add Modifier Array sudah menjadi objek individu.

KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2022 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info