Tutorial Blender Dasar: Mengubah Posisi Pivot atau Local Origin Objek

Kamis, 02 Desember 2021 edit

Berikut ini catatan penulis ketika belajar menggunakan Blender disarikan dari berbagai sumber di blender.stackexchange.com, dan dipraktikkan dengan menggunakan Blender 2.93. Di tutorial ini dipraktikkan untuk memindah local origin ke muka atas kubus. 

Prosedur tercepat sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Blender. Biarkan tampilan kubus yang muncul secara default, 3D Cursor dan Local Origin berada di pusat kubus.

  2. Tekan Tab di keyboard untuk beralih ke Edit Mode.

  3. Klik face (pilihan di sebelah kanan  tulisan Edit Mode) agar dapat melakukan seleksi muka (face) tertentu pada objek.


  4. Klik Mesh > Snap > Cursor to Selected. Hasilnya 3D Cursor akan pindah ke pusat muka kubus seperti berikut. Untuk memindahkan ke edge atau vertex kembali ke langkah-3 kemudian pilih edge atau vertex.
  5. Tekan Tab untuk beralih dari Edit Mode ke Object Mode.

  6. Klik Object > Set Origin > Origin to 3D Cursor. Hasilnya titik kecil warna orange akan berpindah ke posisi 3D Cursor seperti berikut.


  7. Selesai. KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info