Soal Hukum Kelipatan Perbandingan (Hukum Dalton)

Selasa, 06 April 2021 edit

Berikut ini pembahasan soal latihan tentang Hukum Dalton atau Hukum Kelipatan Perbandingan  unsur-unsur dalam senyawa. Sumber soal ini dari Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kimia 1 Untuk SMA/MA Kelas X oleh Budi Utami dkk, diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas 2009 pada halaman 87.

Kalkulator untuk perhitungan terkait hukum kelipatan perbandingan atau Hukum Dalton dapat dilihat di sini.

Hukum Kelipatan Perbandingan atau Hukum Perbandingan Berganda (Hukum Dalton):
Jika dua jenis unsur bergabung membentuk lebih dari satu senyawa, dan jika massa-massa salah satu unsur dalam senyawa-senyawa tersebut sama, sedangkan massa-massa unsur lainnya berbeda, maka perbandingan massa unsur lainnya dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat dan sederhana.

Prinsip perhitungan untuk Hukum Dalton:

Ada dua tahap penentuan perbandingan massa unsur menurut hukum perbandingan berganda (Law of multiple proportions atau hukum Dalton).
1) Perbandingan internal yaitu perbandingan massa antarunsur dalam senyawa;
2) Perbandingan eksternal yaitu perbandingan massa unsur antarsenyawa.

Perbandingan internal
Bila terdapat senyawa yang terdiri unsur A dan B dengan proporsi berbeda-beda maka:
  • Jika akan ditentukan perbandingan massa A pada kedua senyawa maka ditetapkan dulu massa B untuk setiap 1 gram-nya untuk masing-masing senyawa. Caranya adalah dengan membagi massa B dengan nilai massa B dan membagi massa A dengan nilai massa B.
  • Jika akan ditentukan perbandingan massa B pada kedua senyawa maka ditetapkan dulu massa A untuk setiap 1 gram-nya untuk masing-masing senyawa. Caranya adalah dengan membagi massa A dengan nilai massa A dan membagi massa B dengan nilai massa A.
Perbandingan eksternal
Karena salah satu unsur sudah dibuat tetap (artinya massa salah satu unsur itu dibuat sama dengan 1 g atau 1 % atau 1 bagian) maka dapat ditentukan perbandingan massa unsur lain antarsenyawa.

Cara memperoleh hasil perbandingan adalah membaginya dengan FPB (faktor persekutuan terbesar) atau angka pembagi untuk massa kedua unsur tersebut. 

Menurut hukum perbandingan berganda hasil hitung perbandingan eksternal akan berupa bilangan bulat dan sederhana. Maksud kata bilangan yang sederhana ini tentu saja tidak sampai berupa bilangan ratusan atau lebih. Bila diperoleh angka besar sebaiknya diperiksa kembali atau dilakukan pembulatan hingga diperoleh hasil perbandingan yang bulat dan sederhana.

Soal-1.
Belerang dan oksigen bereaksi membentuk dua jenis senyawa. Kadar belerang dalam senyawa I dan II berturut-turut adalah 50% dan 40%. Apakah hukum Dalton berlaku untuk senyawa tersebut?



Soal-2.
Fosfor dan oksigen membentuk dua macam senyawa. Dalam 55 gram senyawa I terdapat 31 gram fosforus, sedangkan 71 gram senyawa II mengandung 40 gram oksigen. Tunjukkan bahwa kedua senyawa itu memenuhi hukum Dalton!



Soal-3.
Nitrogen dan oksigen membentuk berbagai macam senyawa. Tiga di antaranya mengandung nitrogen masing-masing 25,93%, 31,79%, dan 36,84%. Tunjukkan bahwa ketiga senyawa itu memenuhi hukum Dalton!



Secara ringkas rumusan Hukum Dalton dapat diformulasi seperti berikut:



KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info