Gambar Formasi Lewis (dalam DOCX) Unsur untuk Pembelajaran Struktur Lewis dengan Metode Pemasangan

Senin, 28 Desember 2020 edit

Berikut ini berkas berformat DOCX yang di dalamnya terdapat gambar transparan untuk formasi Lewis beberapa unsur yang dapat diunduh. Tujuan penyediaan model formasi Lewis dengan bentuk garis dan dot (titik) agar siswa dapat belajar mandiri ketika mempelajari bahasan struktur Lewis molekul. Bekal yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan metode ini, siswa harus sudah mengenal jenis atom/unsur (monovalen-divalen-trivalen-tetravalen-pentavalen-heksavalen-heptavalen). Jenis atom yang dimaksud di sini adalah jumlah elektron yang digunakan bersama untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom lain.
Memang belum semua kebutuhan tersedia, namun setidaknya itu cukup untuk digunakan untuk penyusunan struktur Lewis molekul sederhana yang umum. Bila dirasa kurang silakan ditambah sendiri menggunakan aplikasi penggambar struktur molekul seperti Chemsketch atau Marvins Sketch.

Perlu diingat bahwa unsur yang berada di periode ketiga atau lebih ketika berperan sebagai atom pusat ia tidak lagi dapat memenuhi aturan oktet. Pertimbangan muatan formal dan data eksperimen terkait panjang ikatan kovalen dan sudut ikatnya maka ini lebih diutamakan, tidak memaksakan agar atom di periode ketiga atau lebih harus memenuhi aturan oktet. Seperti unsur P, S, Cl, Br, I lebih-lebih Xe tidak harus memenuhi aturan oktet ketika sebagai atom pusat dengan jenis atom pentavalen, heksavalen, heptavalen.

Untuk atom pusat dengan jumlah elektron ganjil tidak termasuk dalam tujuan penggunaan metode ini. Bahasan tentang struktur Lewis dan hibridisasi molekul dengan jumlah atom ganjil dapat disimak pada tulisan https://www.urip.info/2018/10/hibridisasi-dari-molekul-dengan-jumlah.html

Contoh penggunaannya dapat dilihat dalam video berikut.



Preview dari berkas dapat dilihat di laman ini, dan tautan unduh (download) ada di bawahnya.



Klik untuk unduh/download berkas DOCX yang berisi gambar formasi Lewis.

Semoga bermanfaat.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info