Menganimasikan Huruf atau Teks secara Individu di Powerpoint

Kamis, 10 Desember 2020 edit

Dalam Powerpoint kadang kita hanya ingin membuat animasi beberapa bagian teks, tidak semua, namun dengan cara biasa itu belum bisa dilakukan. Diperlukan cara lain, salah satunya dengan mengubah teks menjadi format vektor. Kemampuan ini dapat dilakukan dengan Powerpoint versi manapun (setidaknya 2010 sampai yang terkini). Ini akan cocok bila ingin memadukannya untuk memberikan efek Zoom dan atau Morph untuk efek transisi sehingga proporsi visualnya dapat. Sila lanjut membaca prosedurnya, atau bila ingin lebih jelas boleh simak tutorial singkat dalam bentuk video.



  1. Buat teks dalam text box yang akan diubah ke vektor.
  2. Klik kanan text box dan pilih Bring to Front.
  3. Buat suatu bentuk (shapes) misalnya persegi panjang yang ukurannya lebih besar dari teks yang akan diubah menjadi vektor. Boleh dengan warna yang diinginkan. Soal warna ini nanti diubah lagi.
  4. Geser dan tempatkan persegi panjang yang dibuat pada langkah-3 ke belakang text box.
  5. Pilih text box dan persegi panjang, boleh dengan tekan tombol Shift dan klik text box dan persegi panjang.
  6. Klik Format dan klik Merge Shapes kemudian klik Fragment, inilah yang akan mengubah huruf dalam text box menjadi vektor. Dengan begitu setiap huruf dapat dianimasikan secara berbeda.
  7. Geser persegi panjang dan hapus beberapa bagian yang tidak diinginkan, seperti vektor dalam huruf O dan lain-lain. Sampai tahap ini sudah selesai. Selanjutnya teks yang telah berubah menjadi vektor itu dapat dimanipulasi untuk kebutuhan animasi dan lain-lain.
Bila diperlukan boleh dilakukan grouping (penggabungan) agar tidak berantakan.
Jangan lupa menguncinya agar ketika diubah ukurannya ia akan berubah secara proporsional. 

Caranya klik kanan text yang sudah di grouping itu, klik Format Shapes, pada tab Shape Options, yang semula di Fill & Line ke Size & Properties, klik Size dan beri tanda pada Lock Aspect Ratio.

Selamat mencoba.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info