Cara Praktis Menghitung Jumlah Pasangan Elektron Bebas Atom Pusat dalam Molekul atau Ion Poliatom

Rabu, 23 Desember 2020 edit

Menentukan jumlah pasangan elektron bebas (PEB) atom pusat molekul atau ion poliatom merupakan hal penting ketika ingin memprediksi geometri pasangan elektron dan geometri (bentuk) molekul atau ion poliatom. Dalam sistem AXE atau VSEPR dan juga teori domain elektron keberadaan PEB sangat menentukan bentuk molekul atau bentuk ion poliatom. Jumlah elektron ikatan, baik yang berikatan tunggal, dobel, atau tripel dianggap sama. Sama-sama satu domain. Dengan sistem AXE jumlah domain elektron ikatan disimbolkan dengan X dan jumlah PEB disimbolkan dengan E. Jumlah X dapat dilihat dari jumlah atom luar, atom yang diikat oleh atom pusat sementara itu jumlah E harus dihitung lebih dahulu. Semua molekul atau ion poliatom dapat dirumuskan dengan notasi AXmEn hal ini dengan mudah ditentukan.


Tutorial lebih detail dapat disimak dalam video berikut.



Sebagai petunjuk singkat dan praktis dalam memprediksi bentuk molekul seperti dalam tabel dalam tulisan ini, dapat mengikuti langkah berikut.

Lima langkah memprediksi bentuk molekul/ion poliatom tanpa menggambar struktur Lewis-nya.

  1. Hitung total semua elektron valensi (EV) atom dalam molekul/ion.
    Untuk ion:
    * tambahkan sejumlah muatannya bila bermuatan negatif;
    * kurangkan sejumlah muatannya bila bermuatan positif.
  2. Hitung jumlah atom luar (X) yang terikat ke atom pusat dan kalikan dengan 8 untuk menghitung oktet semua atom luar (khusus untuk H, kalikan 2).
  3. Tentukan jumlah E pada atom pusat.
    Hasil di langkah I dikurangi hasil di langkah II.
  4. Bagilah hasil langkah III dengan 2 untuk menghitung jumlah E.
  5. Susun rumus VSEPR dan tentukan bentuk molekulnya seperti dalam tabel.

Contoh





Teknik ini memungkinkan menentukan geometri elektron dan bentuk molekul atau ion poliatom secara cepat, tanpa harus menggambar struktur Lewis lebih dahulu. Prinsipnya semua atom memenuhi aturan oktet. Dalam teknik ini tidak bisa digunakan bila total jumlah elektron valensi atom-atom dalam molekul atau ion poliatom berjumlah ganjil.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info