Penyetaraan Redoks Unsur-Berbeda dalam Pereaksi Tunggal dengan Metode PBO

Rabu, 30 Desember 2020 edit

Reaksi redoks bisa saja terjadi hanya melibatkan "satu pereaksi". Ini berbeda dengan reaksi disproporsionasi. Spesi yang dimaksud di dalamnya terdapat beberapa unsur, satu unsur mengalami reaksi oksidasi, unsur lainnya mengalami reaksi reduksi tapi ini ada dalam senyawa yang sama. Seperti dalam persamaan reaksi redoks: (NH4)2Cr2O7 → NH3 + H2O + Cr2O3 + O2

Bila kedua unsur dapat diionkan ini dengan mudah dilakukan penyetaraan dengan metode perubahan bilangan oksidasi (PBO) sehingga unsur yang mengalami reaksi reduksi dan oksidasi terpisah. Namun bila tidak mungkin diionkan maka cara yang dapat dilakukan dengan menggandakan spesi tersebut untuk dipasangkan dengan masing-masing spesi hasil reaksi atau "mengionkan" secara total. Ini juga andai tidak malah menyulitkan. Ada alternatif lain yang bisa diterapkan untuk hal seperti dalam bahasan ini.

Ini kalau memang ada yang mengharuskan menggunakan metode PBO, bila tidak maka alternatif tercepat menggunakan metode aljabar atau pemasangan spesi yang mirip.

Kalau dicantumkan biloks setiap unsur reaksi di atas akan seperti berikut:
Cr memang mengalami reaksi reduksi, dan O juga mengalami reaksi oksidasi, namun dengan metode PBO ini akan sulit disetarakan karena Cr dan O ada dalam satu spesi.

Kita ingat bahwa reaksi redoks yang disajikan di SMA ini umumnya merupakan larutan dengan pelarut air. Dengan demikian kita bisa menggantikan O dalam spesi (NH4)2Cr2O7 ini dengan H2O agar oksigen di ruas kanan memperoleh pasangan yang spesinya berbeda dengan Cr yang mengalami reduksi.

Demikian pula seandainya ada H2 di ruas kanan sementara tidak memungkinkan mendapatkan pasangan di ruas kiri karena H bergabung dalam spesi yang juga mengalami reaksi oksidasi atau sebaliknya, teknik menggantikan H dengan  H2O ini solusinya.

Tutorial lebih detail dapat disimak dalam video berikut.


CMIIW
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info