Mengunduh dan Menjalankan Aplikasi GeoMol secara Offline

Senin, 17 Mei 2021 edit

Mempelajari geometri molekul dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Jmol. Dengan syarat paham caranya. Selain itu dapat menggunakan aplikasi yang dibuat pihak lain, seperti yang dibuat dan dibagikan admin urip.info. Aplikasi ini menggunakan Jsmol. Di mana dan bagaimana menjalankan aplikasi siap saji ini, sila lanjut simak artikel ini.

Aplikasi GeoMol yang berbasis web ini dapat dijadikan alternatif dalam proses pengajaran di kelas dalam bentuk presentasi dengan proyektor. Untuk kebutuhan siswa tetap dapat dijalankan di komputer pribadi. Untuk versi online dan dapat dibuka di gawai atau smartphone dapat menggunakan yang di sini.

Jmol aplikasi web umumnya dapat dijalankan secara offline dengan syarat tersedia webserver di komputer yang digunakan. Terdapat banyak pilihan aplikasi webserver, misalnya Wampserver, Xampp, Ampps, dan lain-lain. Dalam aplikasi webserver selanjutnya perlu ditambahkan Jmol/Jsmol. Laman html dibuat untuk memformulasikan aplikasi yang dimaksud.

Yang tersedia di sini sudah dibuat paket file yang berisi Z-Wamp Server Pack, Jmol, dan Aplikasi GeoMol. Semua dikemas dalam file zip. Silakan unduh, ekstrak, dan jalankan GeoMol.

A. Mengunduh dan Menjalankan Z-Wamp Server

Detail tutorial berformat video dapat langsung cek tautan di bagian bawah tutorial ini.

Berikut ini tutorial format teks dan gambar.
  1. Unduh file format zip yang berukuran 125 MB v.20210601 ini di komputer.
    Klik untuk unduh GEOMOL (alternatif-1)
    Klik untuk unduh GEOMOL (alternatif-2) @GoogleDrive
  2. Ekstrak file hasil unduhan, dengan menggunakan aplikasi seperti 7Zip, Winzip, WinRar atau dapat langsung menggunakan ekstaktor bawaan Windows 10. Sila klik kanan file hasil unduhan kemudian pilih salah satu aplikasi pengekstrak dan pilih Extract to .....

  3. Sebaiknya dalam komputer yang digunakan tidak ada aplikasi web server terinstall yang biasa menggunakan pengalamatan localhost seperti Wampserver, Xampp, atau yang sejenis agar tidak terjadi bentrok antaraplikasi web server.

  4. Jalankan zwamp.exe dalam folder hasil ekstrakan, klik ganda untuk menjalankannya.
    Sebaiknya zwamp.exe ini dibuatkan shortcut di desktop agar memudahkan akses ketika hendak menjalankan pada lain waktu.

  5. Bila zwamp terblok oleh firewall windows silakan beri izin agar tidak terblok. Biasa perlu klik per-izinan 3 kali masing-masing untuk service apache, MongoDB, MySQL, pokoknya klik yang tombol Allow... akan ada 3 kali klik. Ini hanya untuk pertama kali menjalankan ZWamp saja.

  6. Pastikan bahwa aktivitas webserver memang sudah aktif. Posisinya ada di taksbar terletak di pojok kanan bawah layar Windows.
    Tampilannya seharusnya seperti gambar berikut.
Catatan bila terdapat pesan bahwa komputer masih perlu diinstall visual c++ 2008 dan visual c++ 2010 seperti gambar berikut:
silakan unduh file yang dibutuhkan, klik di sini untuk unduh. Hasil unduhan diekstrak dan diinstall dengan klik ganda setiap file yang ada di dalam forlder tersebut.

B. Menjalankan Aplikasi GeoMol
  1. Buka folder vdrive >> web >> klik ganda file GEOMOL.html. 
  2. Ubah url address bar dari yang semula di file:///DriveTempatFolderHasilEkstrak/vdrive/web/GEOMOL.html menjadi localhost/GEOMOL.html. Tampilannya akan menjadi seperti gambar berikut.
  3. Silakan jelajah sesuai menu GeoMol yang tersedia berdasarkan jumlah domain elektron dari model molekul.

  4. Untuk penggunaan di kelas sebaiknya menampilkan layar secara penuh. Sila tekan tombol Buka Layar Penuh atau tekan tombol F11 (beberapa komputer perlu tambahan menekan tombol Fn+F11). Untuk keluar dari mode layar penuh tekan kembali F11 atau tekan Esc. Bila ingin tampilan lebih besar lagi tekan Ctrl+= (tekan dan tahan tombol Ctrl dilanjut tekan tanda = di keyboard). Untuk mengembalikan ukuran 100% tekan Ctrl+0. Untuk mengecilkan ukuran lebih kecil Ctrl+-. 
Tampilan model struktur molekul 5 domain elektron. Sengaja dibuat seperti itu agar dapat digunakan membandingkan antara notasi dari turunan geometri 5 domain.

Bila kurang besar sila klik tombol Buka di Tab Baru sehingga tampilan geometri setiap notasi VSEPR terbuka di tab baru dengan ukuran lebih besar. Misal akan dibuka hanya geometri dengan notasi AX4E, tampilannya seperti berikut.

Tampilan contoh model struktur dengan notasi AX4E senyawa XeO2F2
Contoh model struktur juga masih dapat diakses ketika berada pada tampilan layar 5 Domain.

Karena sifatnya 3D interaktif, pengguna dapat memanfaatkan berbagai fasilitas layaknya Jmol yang berdiri sendiri. 

Dalam aplikasi web ini hanya disediakan antaramuka untuk kebutuhan pengajaran kimia di jenjang MA/SMA/SMK saja. Mulai dari zoom in/out, memutar model molekul, menampilkan panjang/sudut ikatan, menampilkan/menyembunyikan geometri pasangan elektron, menampilkan/menyembunyikan geometri molekul,  menampilkan/menyembunyikan pasangan elektron bebas bila ada, dan lain-lain.

Semua itu juga dapat dilakukan pada contoh model molekul real. Setiap notasi AXE diberi 2 contoh model molekul real, kecuali untuk AXE3 hanya diberi 1 contoh.

Tutorial video penggunaan GeoMol

Tambahan untuk jalur pintas:
Untuk memudahkan akses GEOMOL, sebaiknya dibuatkan shortcut di desktop windows.
Caranya: Klik kanan desktop windows >>  New >> Shortcut >> Ketik http://localhost/GEOMOL.html >> Next >> Ketik GEOMOL >> Finish.

Untuk teknik pengajaran di kelas konvensional maupun daring diserahkan kepada guru pengguna. 

Fitur aplikasi ini masih dapat diperluas dengan adanya kemampuan klik kanan pada layar Jsmol.



Coba periksa apakah ada tambahan ikatan ion shorcut di desktop dengan mana GEOMOL? Bila sudah ada berarti pintasan ini akan dapat digunakan.

Jadi bila ingin memulai aplikasi kembali dapat dilakukan dengan cara pintas seperti langkah berikut:
1. Klik ganda shortcut zwamp
2. Klik ganda shortcut GEOMOL.


Unduh tutorial di laman ini berformat pdf yang dikemas dalam file zip beserta 2 tutorial lain yang terkait.

Tutorial terkait sebelumnya:

KSJSS.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info