Membuat Screen Capture Animasi Molekul di Jmol

Rabu, 19 Mei 2021 edit

Untuk kebutuhan tertentu kadang diperlukan cuplikan layar (screen capture) animasi molekul yang dibuat di Jmol. Format yang biasa digunakan adalah gif ter-animasi. Sebelum melakukan itu pastikan di komputer terdapat aplikasi Jmol. Membuat model molekul dan menjalankan dalam mode ter-animasi, misalnya dengan mengaktifkan spin-nya. Menjalankan hanya sebaris perintah di Console. Tunggu beberapa saat dan selesai. Untuk detailnya silakan lanjut menyimak artikel ini atau video tutorial.

Yang dibutuhkan:

  1. Aplikasi Jmol (untuk membuat/memuat model molekul dan membuat cuplikan animasinya). Bila belum punya silakan simak tutorial dan tautan download-nya di sini.
  2. Aplikasi File Converter (hanya untuk mengubah ukuran file GIF animasi menjadi lebih kecil, baik secara kualitas maupun dimensi panjang dan lebar). Boleh menggunakan aplikasi sejenis. Untuk aplikasi File Converter dapat diunduh di sini.
Prosedur membuat animasi molekul
  1. Membuat atau memuat molekul boleh molekul apa saja. Dicontohkan metana. Perkecil ukuran layar Jmol agar file yang dihasilkan saat langkah-2 tidak terlalu besar.
  2. Membuat animasi (gambar bergerak, misalnya hanya dengan perintah spion on atau dengan perintah lain seperti move to dan lain-lain). Di tutorial ini dicontohkan menganimasi molekul berputar (spin on).
  3. Membuka Console. Mengetik perintah misalnya: CAPTURE "nama_file.gif" 15 dan tekan ENTER. *Catatan: Perintah di Jmol tidak memperhatikan huruf besar/kecil.
    Maksud perintah:
    capture = perintah membuat cuplikan layar
    "nama_file.gif" = nama file dengan ekstensi gif
    15 = fps (frame per second) semakin besar, semakin smooth animasinya namun ukuran file menjadi besar sekali.
  4. Tunggu perintah capture selesai dijalankan. Bila terasa lama boleh dihentikan dengan mengetik perintah CAPTURE END dan tekan tombol enter. Secara default file akan disimpan dalam folder Jmol.
  5. Selesai.

Mengubah ukuran dimensi dan kualitas file GIF. 

Ukuran file gif hasil konversi biasanya relatif besar. Untuk memperkecil salah satunya dapat dilakukan dengan aplikasi File Converter, ini freeware bahkan open source. Caranya klik kanan file gif hasil capture di Jmol >> pilih File Converter >> To Gif (low quality). Bila masih terlalu besar ubah setingan, Klik kanan file gif >> File Converter >> Configure Preset... Selanjutnya lakukan ubahan pada frame per second dan atau dimensi (skala) gambar ter-aminasinya. Selanjutnya bisa dicoba lagi melakukan konversi file gif hingga diperoleh ukuran yang dikehendaki. 


Aplikasi File Converter ini cukup powerful untuk melakukan tugas konversi satu tipe file ke tipe file yang lainnya, terutama yang berhubungan dengan media. Bila ada yang lebih baik silakan gunakan yang penting ukuran file gif bisa lebih ramping walau tidak diet :-D

Selesai, dan selamat mencoba.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info