Cara Memasang (Menginstall) Jmol di Windows

Kamis, 07 November 2019 edit

Memasang (menginstall) aplikasi Jmol untuk pemodelan molekul tidak lebih dari unduh, ekstrak, dan install. Yang sering terjadi pengguna tidak membaca manual atau tidak tahu file mana yang perlu diakses untuk membuka Jmol.
Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk memasang aplikasi Jmol pada sistem operasi Windows.
  1. Download Jmol.zip, pilih versi yang terkini dari sini. Pastikan tahu letak file hasil download biar tidak pusing mencarinya. Secara default biasa hasil download disimpan di folder download. C:\User/Download\. Tapi setiap komputer bisa beda. Kalau kurang yakin sila klik kanan file, pilih Properties, pindah tab Location, nanti kita diberitahu letak file jmol tersebut.

  2. Ekstrak file Jmol.zip. Klik kanan file tersebut kemudian pilih Extract All... Jangan lupa perhatikan di mana letak hasil ekstrakan ini. Ini akan diletakkan di folder download juga sama dengan file Jmol.zip atau Jmol.rar. Lebih jelas simak video tutorial.

  3. Buka folder hasil ekstrak, klik file Jmol.jar. File ini ukurannya sekitar 6.711 KB. Anda bisa menempatkan file Jmol.jar ini di manapun Anda suka, misalnya di desktop windows dengan membuat shortcut-nya.

  4. Bila tidak berjalan biasanya perlu memasang Java Runtime Enviroment (JRE) lebih dahulu. Unduh JRE dari sini, kemudian pasang dan ikuti petunjuk yang diberikan pada layar. Bila perlu restart windows.

  5. Kembali sila klik dua kali pada file Jmol.jar. Anda akan melihat jendela hitam, yang menandai Jmol siap untuk digunakan.

Mungkin akan lebih jelas dengan mengikuti tutorial dalam video berikut.


Selanjutnya bagaimana cara menggunakan Jmol silakan ikuti tutorial berikutnya.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info