Alternatif Membuat Persamaan Matematis (Sains) dalam Google Form

Selasa, 26 November 2019 edit

Google Form sudah banyak yang menggunakan untuk kebutuhan pembelajaran yang digunakan guru. Untuk pembelajaran sains dan matematika agak sedikit dibutuhkan usaha ekstra untuk membuat persamaan bersifat matematis. Terdapat beberapa alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya dengan memanfaatkan editor latex-online yang dapat disisipkan persamaan tanpa perlu membuat tangkap layar sebagai gambar. Tentang hal ini pernah saya buat tutorialnya tahun 2012 di sini. Pada tulisan ini kita akan menggunakan cara berbeda namun masih menggunakan dasar Latex.

Bila enggan membaca tutorial ini sila langsung menuju ke sini saja. 😁


Ya memang kita akan menggunakan ekstensi EquatIO dalam browser google. Setelah terpasang ekstensi EquatIO di Chrome, sila buka google form. Bila semua Ok maka kita akan mendapati tanda kecil seperti gambar berikut.


Cara Memasang Ekstensi EquatIO di browser Chrome di Komputer

Pertama, klik ekstensi EquatIO dari sini. Kemudian ikuti petunjuk yang ditampilkan untuk memasang, atau menginstall atau menambahkan ekstensi ke Chrome.

Kedua, buka google form, dan seharusnya kita mendapati tampilan yang berbeda dari sebelumnya, tampilannya kurang lebih seperti gambar di atas.


Cara menggunakan EquatIO di Google Form
Tempatkan posisi kursor bagian editing teks untuk menambahkan teks atau persamaan kemudian pilih Ikon berlambang sigma yang terdekat dari posisi editing text.


Bila belum familiar menggunakan Latex saya sarankan menggunakan Latex online di sini kemudian menyalinnya ke editor EquatIO tersebut.



Sayang sekali kita mesti mengeluarkan biaya untuk kelanjutan penggunaan EquatIO ini, namun kita masih punya kesempatan menggunakan gratis selama 1 bulan. Bila sudah lewat atau kedaluwarsa, kita mungkin bisa memainkan trik tertentu agar tetap bisa menggunakannya.

Bila tidak mau beresiko membayar cukup gunakan cara sisip gambar melalui URL seperti cara di atas. Buat rumus menggunakan Latex Online di CodeCogs kemudian ambil tautan dengan cara mengubah dari mode HTML (edit) ke mode URL, kemudian salin URL yang diberikan untuk disisipkan ke dalam google form melalui Sisip Gambar dan pilih Melalui URL.

Cara-cara di atas merupakan alternatif, selain harus menyisip gambar suatu persamaan secara langsung. Tidak harus begini begitu yang penting tujuan pembuatan form google tercapai. Mana yang dirasa lebih mudah gunakan itu saja.

Selamat mencoba.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info