Menyalin Kalkulator Kimia Berbasis JavaScript dari Web lain untuk Dibuat Daring/Luring

Kamis, 28 November 2019 edit

Berikut ini tutorial bagi rekan yang tidak mempunyai pemahaman yang memadai dalam urusan website, namun punya keinginan kuat untuk mencoba dan belajar. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat kalkulator kimia murni berbasis javascript yang bersifat daring (online) dari web tertentu. Kita dapat menyimpannya secara luring (offline) dan memodifikasi tata letak, membuang bagian tertentu yang tidak kita butuhkan, dan mengalihbahasakan kalkulator tersebut.

Untuk latihan kita akan mencoba mengunduh dan sedikit memodifikasi kalkulator dari elcamino dot edu ini.

Hasil ubahan
Setelah terbuka tautan kalkulator dari elcamino tersebut, kita bisa melihat script halaman web kalkulator tersebut dengan menekan keyboard Ctrl+U. Atau kalau tidak ingin melihat kode-nya bisa langsung unduh halaman web lengkap langsung dengan menekan keyboard Ctrl+S. Nama filenya biarkan apa adanya (A javascript molecular weight calculator.html). Jangan lupa letak unduhan di mana folder mana.
Tampilan Asli
Karena halaman web kalkulator sudah tersimpan sebenarnya dapat langsung dijalankan dengan web browser seperti Chrome/Firefox/Safari/Opera atau yang lain lagi.

Untuk memodifikasinya sila klik kanan file "A javascript molecular weight calculator.html" kemudian buka dengan text editor seperti notepad plus plus. Kalau belum punya sila unduh dan install. Sebenarnya bisa juga menggunakan text editor bawaan windows (Notepad) namun banyak keterbatasannya.

Sebagai contoh hasil modifikasi minor yang saya lakukan dapat dilihat,  digunakan secara luring, dan diunduh dari sini. Sila bandingkan dengan file aslinya untuk dipelajari secara mandiri. Simak bagian mana yang diubah dan mana yang tidak diubah. Beginilah cara belajar praktis bila tidak ingin belajar koding web dari nol.

Selamat mencoba.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info