Cara Menggunakan VLab (Virtual Chemistry Laboratory)

Minggu, 03 November 2019 edit

Berikut ini tutorial cara menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (di sini disingkat Virchemlab) ala urip.info. Pertama sila unduh dari tautan yang tersedia. Kedua ekstrak file vlab2.1.0.zip di mana pun kita mau. Ketiga buka folder hasil ekstrak, dan klik file Vlab.exe untuk menjalankan aplikasi. Bila tidak mau terbuka otomatis sila klik kanan file Vlab.exe kemudian Pilih Run as administrator dan pilih Ok. Bila tidak mau berjalan maka di komputer perlu diinstall Java Plug-in lebih dahulu untuk menjalankan Virchemlab.

Unduh aplikasi Virchemlab versi 2.1.0-3D agar dapat dijalankan secara offline (tanpa perlu koneksi internet)
  1. Unduh dari tautan utama
  2. Unduh dari tautan alternatif

Cara menggunakan VirChemLab
Setelah terbuka aplikasi, seolah kita dihadapkan meja kerja yang kosong, dan tersedia berbagai alat dan bahan kimia di sisi lain. Untuk menggunakannya sila pilih alat dan bahan kemudian letakkan di atas "meja kerja".

Misal akan dilakukan reaksi asam basa, mencampurkan 25 mL NaOH 0,1 M dengan 25 mL HCl 0,1 M kemudian perubahan suhu diamati dan mengukur pH campuran kedua larutan tersebut. Dan seterusnya.

Persiapan:
Ambil alat (1 labu Erlenmeyer 250 mL, 2 gelas ukur 25 mL) dan bahan (larutan HCl 0,1 M dan larutan NaOH 0,1 M). Semua diletakkan di meja kerja.

Prosedur:
  1. Tuangkan 25 mL larutan HCl 0,1 M ke dalam gelas ukur, kemudian menuangkan larutan HCl tersebut ke dalam laru Erlemeyer kosong. Amati konsentrasi setiap spesi, suhu dan pH.
  2. Tuangkan 25 mL larutan NaOH 0,1 M ke dalam gelas ukur lainnya, kemudian menuangkan larutan tersebut ke dalam laru Erlemeyer yang sudah berisi 25 mL larutan HCl. Amati konsentrasi setiap spesi, suhu dan pH. Amati hingga suhu kembali normal (25oC)
Catatan:
Cara menuangkan larutan, letakkan wadah larutan ke dalam wadah yang akan ditempati (ditumpang-tindih hingga muncul tanda + warna hijau), isikan volume larutan dengan mengetik jumlah larutan (satuan mL). Setelah itu jauhkan kedua wadah larutan.

Lebih jelas simak contoh penggunaan aplikasi ini dalam format video.


Dengan aplikasi kecil nan-powerfull ini siswa dapat diajak belajar bagaimana membuat larutan, bereksperimen dengan bahan yang sudah disediakan. Bisa saja menugaskan siswa untuk melakukan praktikum di rumah secara mandiri atau berkelompok dengan tujuan tertentu.

Untuk versi daring (online) dapat diakses dari sini. Pada versi ini telah disediakan petunjuk percobaan, dan juga terdapat target dan pertanyaan yang harus dijawab sesuai dengan percobaan.

Secara keseluruhan pada versi daring saat ini tersedia simulasi praktikum:

  • Stoikiometri
  • Termokimia
  • Kesetimbangan
  • Kimia Asam-Basa
  • Kelarutan
  • Redoks dan Elektrokimia
  • Kimia Analitik/Teknik Lab

Selamat menyusun agenda praktikum virtual. 

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info