Bentuk Molekul AXmEn Lengkap, Visual 3D Interaktif

Minggu, 29 Desember 2019 edit

Berikut ini visual model geometri molekul atau bentuk molekul dengan format 3D interaktif. Model geometri molekul ini adalah model ideal, artinya keberadaan pasangan elektron bebas (PEB) dianggap tidak mempengaruhi sudut antara dua ikatan. Pada kenyataan PEB mempengaruhi bentuk molekul dengan sedikit mendistorsi bentuk molekul dari bentuk molekul ideal. Model geometri molekul yang tersedia hanya sebatas yang dibahas di level SMA dengan notasi AX6, AX5, AX4, AX3, AX2, beserta bentuk turunan dari bentuk dasar.

Istilah geometri dapat diartikan dengan istilah bentuk. Geometri elektron sendiri maksudnya adalah geometri yang memperhatikan semua pasangan elektron (domain elektron), baik pasangan elektron ikatan (PEI) maupun PEB. Geometri elektron dapat juga disebut sebagai bentuk dasar suatu molekul.


Geometri molekul atau bentuk molekul merupakan geometri yang terbentuk hanya oleh PEI. Biasanya PEB kalaupun ada tidak ditampilkan. PEB pada pemodelan bentuk molekul di sini tetap ditampilkan berupa cuping (lobe) disertai dua tanda titik sebagai penanda dua elektron bebas. Perlu diingat bahwa pemvisualan ini hanya berupa pendekatan teori.

Untuk memuat sempurna visual bentuk molekul memang diperlukan waktu sedikit lama. Jadi harap bersabar hingga visual termuat dengan sempurna. Ini hanya untuk pertama kali, untuk molekul berikut akan dimuat relatif lebih cepat.

Silakan pilih pemodelan berdasar rumus AXmEn. X merupakan atom pusat yang mengikat atom lain X, bila terdapat pasangan elektron bebas maka nilai E ditampilkan atau diberi angka indeks mulai dari 1. Bila tidak terdapat PEB nilai E kadang dituliskan dengan indeks 0 (nol) atau tidak ditampilan (tanpa E).

Untuk memulai berinteraksi dengan model molekul sila klik molekul yang telah muncul agar visual lebih jelas. Sila berinteraksi langsung, misal memutar model secara manual, dapat pula dilakukan pembesaran atau pengecilan tampilan model molekul agar mendapatkan kejelasannya. Interaksi lebih lanjut dapat diakses melalui menu dengan cara klik kanan area model kemudian pilih menu yang ingin dijelajah lebih lanjut.





Geometri Molekul (GM)
Molekul dengan 6 Domain Elektron
Orbital Hibrida Atom Pusat sp3d2

Warna Latar:


Tampilan AXmEn, m + n = 6:

Geometri Molekul (GM)
Molekul dengan 5 Domain Elektron
Orbital Hibrida Atom Pusat sp3d

Warna Latar:


Tampilan AXmEn, m + n = 5:

Geometri Molekul (GM)
Molekul dengan 4 Domain Elektron
Orbital Hibrida Atom Pusat sp3

Warna Latar:


Tampilan AXmEn, m + n = 4:

Geometri Molekul (GM)
Molekul dengan 3 Domain Elektron
Orbital Hibrida Atom Pusat sp2

Warna Latar:


Tampilan AXmEn, m + n = 3:

Geometri Molekul (GM)
Molekul dengan 2 Domain Elektron
Orbital Hibrida Atom Pusat sp

Warna Latar:


Tampilan AXmEn, m + n = 2:


Berikut ini tautan contoh bentuk molekul senyawa dengan orbital hibrida-nya secara 3D interaktif:
Mohon koreksi bila ada hal yang kurang tepat. Terima kasih.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info