Model Orbital Atom Menggunakan File *.spt

Sabtu, 21 Desember 2019 edit

Berikut ini adalah model-model orbital atom yang menggunakan file *.SPT. File *.SPT diunggah pada hostng tertentu, misalnya di sini diunggah melalui sites.google.com. File ini berupa kode-kode yang dihasilkan dari Jmol atau web app lain yang menggunakan basis Jmol. Penggunaannya lebih simpel namun untuk modifikasi langsung tidak dapat dilakukan. Untuk memodifikasinya harus mengedit file *.SPT-nya.

File-file spt yang digunakan di sini di-generate dari chemapp orbital stolaf edu. Untuk memproduksi file *.SPT ini dapat dilakukan dengan klik kanan area aplikasi yang berbasis Jmol/JSmol untuk memunculkan menu. Pilih menu File dan pilih Save, pilih Save script with state. Ini memang akan menyimpan tampilan aplikasi sesuai yang tampak di layar untuk dibuka dengan Jmol luring (dengan catatan file aslinya juga harus diunduh) atau digunakan untuk kepentingan lain secara daring.


Walaupun begitu file *.SPT hasil penyimpan itu masih dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan pengetahuan tentang perintah-perintah Jmol.

Untuk membuat orbital bentuk poin (titik-titik atau dots) sepenarnya dapat diambil dari web lain yang sudah ada. Biasa file orbital sudah dikemas dalam format PDB.

Selain itu model orbital juga dapat disalin dari aplikasi Orbital Viewer. Munculkan orbital, kemudian Save as sebagai file *.TXT atau file type Digistar file. File TXT ini kemudian diubah menjadi file XYZ dengan cara tertentu. Tutorial dan contoh tentang ini akan ditulis terpisah.

Berikut itu adalah model orbital atom mulai orbital s, p, d, f.

Probabilitas Posisi Elektron

Pilih orbital, tunggu hingga termuat.
Jenis Orbital (Bilangan Kuantum):

Warna Latar:

Orbital Berputar Otomatis:

Memutar Orbital Manual:





Untuk menggunakan orbital atom sila gunakan tombol yang tersedia. Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan orbital gunakan scroll up-down pada mouse. Selain itu pengguna juga dapat mamfaatkan menu-menu dalam Jmol secara daring. Sila klik kanan area kerja, tunggu beberapa saat hingga muncul menu Jmol selayaknya Jmol luring. Semua perintah atau kode Jmol dapat berjalan dengan baik pada versi daring ini.

Mohon koreksi bila ada hal yang kurang tepat. Terima kasih
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info