Cara Mengedit Teks PDF Langsung Tanpa Ubah ke Ms Word

Minggu, 01 Desember 2019 edit

Banyak cara untuk melakukan pengeditan pada dokumen berformat pdf. Pada tulisan ini diberikan tutorial singkat cara mengedit teks pdf secara langsung tanpa mengubah format menjadi dokumen doc/docx Ms. Word. Tidak perlu cara online, ini dilakukan secara offline. Tidak perlu mahir untuk melakukannya, cukup amati fitur yang ada. Kalau belum pernah coba sila lanjut menyimak tutorial berikut.

Buka file pdf yang akan diedit menggunakan Adobe Acrobat. Tutorial ini dibuat dengan menggunakan Acrobat Pro versi XI. Versi di bawahnya kemungkinan masih dapat digunakan. Tetapi ingat, bukan Adobe Reader atau Adobe Acrobat Reader ya.

File pdf yang akan diedit harus berformat teks, bukan format gambar atau image, sebab untuk tujuan tertentu file pdf teks bisa diubah menjadi pdf gambar/image.


Klik menu Tools seperti pada gambar berikut.


Klik Content Editing


Klik bagian Edit Text sehingga tampilannya seperti berikut ini. Mulai edit teks yang perlu. Editing di sini mulai dari penataan posisi teks, mengubah ukuran teks, mengganti teks hingga mengganti atau menghapus gambar. Di tampilan berikut hanya mengubah tanda panah kiri-kanan menjadi tanda panah kesetimbangan dan juga mengatur tata letak opsi pilihan soal menjadi horizontal.


Simpan (Ctrl+S) bila sudah selesai.


Bila ingin melihat tampilan jadinya tanpa muncul kotak biru pada setiap teks sila tutup file setelah disimpan kemudian buka lagi.


Selesai. Selamat mencoba.


Pengeditan dengan cara ini hanya untuk pengeditan sebagian-sebagian, bersifat minor, tidak seluruh bagian. Bila hendak mengedit total silakan mengubahnya menjadi format doc/docx lebih dahulu, kemudian diedit di Ms Word dan simpan sebagai pdf lagi bila mau.





FYI, dengan Adobe Acrobat Pro ini juga memiliki fitur untuk mengubah file berformat pdf ke format doc/docx, dan format lain sesuai adal file-nya. Demikian pula sebaliknya dapat mengonversi file apapun ke bentuk pdf.

Bonus:
Trik mencari software/aplikasi tertentu coba ketik di browser → intitle:index.of ditambah kata kunci nama software. Pilih yang sepertinya "layak dipercaya" dan memang menyediakan tautan langsung untuk mengunduhnya.

Cara lain selain menggunakan Adobe Acrobat
Cara lain untuk mengedit teks pada file pdf juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi LibreOffice Draw. Ini bersifat gratis. Caranya kurang lebih sama, dengan cara di atas, hanya teknik penyimpannya sedikit berbeda. Bila pengeditan selesai silakan klik tool bar Export as pdf atau dengan menekan Alt+F+E (tekan keyboard Alt jangan lepas kemudian tekan tombol F dan E).

Catatan bila menggunakan LibreOffice Draw ini kita mengeditnya per-halaman dan teksnya cenderung relatif berubah sehingga kemungkinan posisi teks bergeser dan sebagainya. Kecuali kalau file pdf yang akan diedit memang semula dibuat dengan menggunakan LibreOffice Writer.

Yang hendak mencoba sila unduh software alternatif pengganti Microsoft Office ini secara cuma-cuma dan halal 100% :D Tautan unduh LibreOffice di sini.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info