Trik Mengubah Format Waktu Ala Indonesia di Blogspot/Blogger

Selasa, 10 Maret 2015 edit

Tutorial untuk mengubah format waktu (hari, tanggal, bulan, tahun) ala Indonesia kebanyakan hanya membahas pengaturan yang tersedia di dasbor blogger saja. Iya kalau template yang digunakan sudah peduli dengan format waktu ala Indonesia, kalau tidak, mesti dicari cara agar "benar" formatnya.


Secara Indonesia format yang layak untuk dilihat adalah nama hari tanda koma tanggal bulan tahun, baik ditulis dalam bentuk angka (singkat) atau bentuk panjang. Misal Senin, 9 Maret 2015 - Senin 09-3-2015, Senin, 09/3/2015.  Namun kita bisa melihat banyak blog atau website yang tidak peduli tentang format waktu yang digunakan. Atau karena kebiasaan saja yah?!


Serasa aneh jika melihat format unik (tidak biasa) dalam penulisan format waktu sementara blog atau website itu berbahasa Indonesia. Misal tertulis Selasa, Maret 10, 2015. Mungkin saja para nara blog atau pengelola website belum ketemu cara mengubahnya agar format waktunya ala Indonesia, mungkin loh.

Pengalaman penulis dengan mengamati format penamaan kode pada blogger jika ingin memakai format ala Indonesia memang harus mengubah lebih dahulu format waktu pada dasbor blogger. Tapi sampai di sini saja kadang template yang digunakan belum mau menuruti keinginan agar tampilan waktu yang digunakan sesuai format ala Indonesia. Lalu bagaimana caranya jika format waktu di blog/website kita belum "benar"? Yah diubah melalui kode pada template yang digunakan!

Cara, cara-nya? :D Ini hanya akal-akalan saja, hanya sekadar trik, tidak pakai coding atau skrip yang saya juga belum mengerti sama sekali yah. Biasanya kalau kita memakai template buatan orang Indonesia kadang juga buatan orang Indonesia untuk format waktu memang berbasis Format Timestamp, nah format timestamp ini tidak tersedia pilihan format ala Indonesia. Untuk itu kita ubah saja  <data:post.timestamp> menjadi <data:post.dateHeader>.

Bagaimana mencarinya posisi tulisan itu di template yang digunakan? Jika sudah terbiasa dengan blogger, tinggal masuk template html saja terus cari tulisan <data:post.timestamp> (jangan diplototin satu-satu yah, pakai shorcut CTRL+F terus ketik kata tadi di kotak pencarian dan tekan ENTER.

Seperti yang ada di gambar berikut.

Tapi ingat jangan lupa mengubah format waktu, login ke Blogger > Masuk Dasbor > Setelan >> Bahsa dan Pemaformatan >> atur sebagai mana gambar berikut.

Nah kalau ingin jadi nara blog Indonesia seutuhnya ayo kita perhatikan format waktu agar Indonesia banget :D


Bagikan di

5 komentar:

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info