Sedikit Catatan Menggunakan Latex di Blog ini

Jumat, 06 Maret 2015 edit

Menuliskan persamaan dengan menggunakan latex akan menghasilkan tampilan persamaan yang bagus. Hanya diperlukan pembiasaan saja. Tidak cukup sekali atau dua kali, tapi sesering mungkin sesuai kebutuhan. Tidak pula mesti dihafalkan nanti juga akan hafal dengan sendirinya, apalagi kalau kita belajarnya sembari daring (online). Seperti yang saya lakukan untuk menuliskan beberapa rumus sederhana di blog ini.


Saya biasa memanfaatkan layanan penulisan latex secara daring di http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php. Tinggal mengetikkan rumus sesuai yang dimau layaknya menggunakan equation editor di aplikasi microsoft word. Hasilnya kode latex tinggal disalin dan ditempel pada postingan atau halaman tempat kita menulis. Cukup diawali dengan tanda dolar ($) dan diakhiri dengan tanda dolar (saya menggunakan Mathjax di blog ini) juga tulisan latex kita akan diubah sebagai mana persamaan yang kita inginkan.  Yakin nanti kita tidak terus-teruskan klak-klik kalau sudah terbiasa. Misalnya untuk sekadar membuat super script atau sub script atau menyisipkan tanda kali saja kita akan terbiasa dan hafal juga.

Cara memasang Mathjax di blogspot/blogger ada 2 cara tapi cukup dilakukan salah satu saja: memasang script MathJax dalam langsung atau memasangnya dengan

  • Memasang script MathJax ke dalam template langsung: seperti biasa kita mesti login ke dalam blogger masuk dashboard, kemudian klik Template, letakkan script Mathjax di dalam bagian <head> ....letakkan script Mathjax di sini..... </head>.
  • Memasang script Mathjax dengan menambahkan gadget html/javascript: login ke dalam blogger masuk dashboar, kemudian klik Tata Letak (Layout), Tambahkan Gadget, Pilih Html/JavaScript. Salin-rekat script MathJax dalam kotak konten, kotak judul dikosongkan saja.
Script Mathjax yang perlu dikopikan adalah sebagai berikut:
 <script src='http://cdn.mathjax.org/mathjax/latest/MathJax.js' type='text/javascript'>  
 MathJax.Hub.Config({  
 extensions: [&quot;tex2jax.js&quot;,&quot;TeX/AMSmath.js&quot;,&quot;TeX/AMSsymbols.js&quot;],  
 jax: [&quot;input/TeX&quot;, &quot;output/HTML-CSS&quot;],  
 tex2jax: {  
 inlineMath: [ [&#39;$&#39;,&#39;$&#39;], [&quot;\\(&quot;,&quot;\\)&quot;] ],  
 displayMath: [ [&#39;$$&#39;,&#39;$$&#39;], [&quot;\\[&quot;,&quot;\\]&quot;] ],  
 },  
 &quot;HTML-CSS&quot;: { availableFonts: [&quot;TeX&quot;] }  
 });  
 </script>  


Lantex online

Beberapa hal penting bagi kebanyakan orang awam seperti saya dalam menggunakan Latex adalah bagaimana membuat tulisan kita tidak italik (miring), kemudian memberikan spasi normal seperti halnya kita mengetik biasanya. Ternyata itu tidak sulit, tinggal menulis '\text ..... di awal tulisan kemudian mengapit tulisan yang mau dibuat mode normal tersebut dengan tanda kurung kurawal { .... } jadi deh huruf kita tidak miring/italik lagi. Spasinya yah dibuat normal saja seperti mengetik biasanya.
Oke itu dulu tulisan ini akan ditambahi/diedit seiring pengalaman kepentingan menggunakan Latex dalam penulisan di blog ini.
Bagikan di

6 komentar:

  1. lebih cepat rendernya mathjax dari pada image codecogs, terutama untuk halaman yg bnyak equationnya.
    contohnya di www.meetmath.com.

    BalasHapus
  2. kok gak mau ya gan? sudah sesuai arahan tapi tetep gak mau. minta sarannya agar bisa menuliskan rumus matematika di blog

    BalasHapus
  3. Setuju, lebih rekomended mathjax dibanding menggunakan codecogs, hasilnya pun lebih rapih. Awal-awal bloging saya menggunakan codecogs, dua bulan terakhir ini menggunakan MathJax, hasilnya beda banget. bisa dilihat di blog saya http://m4th-lab.blogspot.com, bandingkan postingan lama (menggunakn codecogs) dan postingan baru (setelahmemakai MathJax). BTW nice info

    BalasHapus
  4. aq dah masalah ni gan setelah pasang script latex di template, semua kalimat yang diapit tanda kurung di postingan q berubah jadi kalimat miring tanpa spasi dan tidak lagi diapit oleh tanda kurung, solusinya gmn gan??

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info