Cara Mengubah Warna Atom untuk H-NMR di Mnova

Jumat, 14 April 2023 edit

Untuk mempelajari H-NMR atau C-NMR atau yang lain di Mnova - Mastrelab Research lebih baik warna atom diubah dari standar warna hitam. Walaupun setiap atom sudah diberi label, namun agar lebih mudah dipahami atom-atom H yang ekuivalen diberi warna yang sama, atom H yang tidak ekuivalen diberi warna berbeda. Warna sama berarti menghasilkan jenis sinyal/puncak yang sama, sebaliknya bila warna berbeda maka jenis sinyal/puncak berbeda pula.

Untuk mengubah warna atom di Mnova, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka program Mnova - Mestrelab Research yang sudah terpasang di komputer. Dalam tutorial ini menggunakan Mnova 14.3.1.
  2. Pindah dari menu Home ke Molecule.
  3. Klik tool Draw atau Draw Chain untuk memulai menggambar struktur molekul, misalnya CH3CH2C(=O)CH3 atau butan-2-on, agar H muncul terbentang: klik toolbar Explicit Hydrogens, dan klik Clean Molecule agar strukturnya lebih rapi,  agar label H lebih mudah dipahami ubah penomoran dengan klik toolbar Normalize Numbering dan pilih Normalize Explicit Hydrogens Numbering.
  1. Untuk mengubah warna atom, dapat dilakukan satu per satu. Misalnya Atom O akan diberi warna merah, dobel klik atom O, hingga muncul menu pop-up, arahkan ke baris Color, kemudian klik sisi kanan pada kotak kosong agar pilihan drop-down list muncul kemudian pilih warna yang dikehendaki, klik OK. 

    urip.info


  2. Lakukan hal yang sama untuk atom lainnya.
  3. Selanjutnya silakan simpan hasil kerja sebagaimana menyimpan file lain.

Bila mau mencoba-coba silakan unduh aplikasi Mnova ini, sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. File-nya berformat dot msi kurang lebih 429 MB. Semua jenis spektroskopi sudah masuk sebagai plug-in, jadi tidak perlu repot install satu persatu.

Tutorial format video dapat disimak di bawah ini.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info