Bermain dengan Pencahayaan di Jmol

Minggu, 17 Januari 2021 edit

Untuk membuat molekul 3D yang cantik diperlukan sedikit upaya. Ini dapat dilakukan dengan melakukan pengaturan pencahayaan. Di Jmol ini dapat dilakukan dengan mudah melalui konsol Jmol. Untuk mencoba langsung di Jmol offline di komputer, silakan buat molekul sederhana. Selanjutnya silakan buka konsul di Jmol melalui menu File >> Console. Bila belum punya Jmol silakan ikuti tutorialnya di sini. Untuk memuat (load) applet Jmol memerlukan waktu sedikit lebih lama memang.

Ada beberapa penyesuaian yang dapat dilakukan pada efek pencahayaan di Jmol. Kita dapat mengombinasi dari efek yang berbeda untuk mendapat efek menurut kita itu yang terbaik. Berikutnya ketik perintah seperti dalam penjelasan di bawah ini.


specular 
Mengatur ukuran pantulan semu dari sumber cahaya. Set specular 0 mematikan efek ini.
  • set specular 0
  • set specular 20
  • set specular 40
  • set specular 50
  • set specular 60
  • set specular 100
specpower 
Mengatur kepadatan titik dalam pantulan specular.
  • set specpower 0
  • set specpower 20
  • set specpower 40
  • set specpower 50
  • set specpower 60
  • set specpower 100
ambient 
Mengatur jumlah cahaya yang mengisi bayangan yang dibuat oleh sumber cahaya semu. Nilai ambien 0 menciptakan efek sorotan di atas panggung; nilai 100 menghilangkan bayangan seluruhnya, menciptakan efek datar dan tidak realistis.
  • set ambient 0
  • set ambient 20
  • set ambient 40
  • set ambient 50
  • set ambient 60
  • set ambient 100
diffuse
Menyetel jumlah cahaya "menyebar" yang tampaknya memancar dari sorotan, tetapi tidak mengenai dan memantulkan model secara langsung. Mengatur nilai diffuse ke 0 mematikan efek ini; memberikan efek model dalam ruangan berdinding hitam di mana tidak ada pantulan cahaya yang memungkinkan, secara efektif mematikan semua bayangan.
  • set diffuse 0
  • set diffuse 20
  • set diffuse 40
  • set diffuse 50
  • set diffuse 60
  • set diffuse 100
set celShading
set celShading secara deault bernilai FALSE (tidak aktif)
set celShading TRUE menciptakan efek datar yang mirip dengan gambar yang digambar tangan.

set celShadingPower (integer)
Pengaturan ini menetapkan kekuatan garis celShading. Nilai default 10 adalah garis yang relatif kuat dan tebal; 5 adalah garis halus; 0 mematikan bayangan cel. Nilai negatif menghilangkan bayangan interior, hanya menghasilkan garis besar. Berbasis piksel; beroperasi pada sumber cahaya normal (daya > 0) atau pengguna (daya < 0); menyetel warna ke kontras latar belakang (hitam atau putih) saat normal_z <1 - 2 ^ - (| celShadingPower | / 10).

set phongExponent (integer 0 hingga 1000)
Setel kekuatan specular menggunakan angka yaitu 2 pangkat (specularExponent)

set Slab (integer)
Sama seperti slab perintah, tetapi catatan bahwa parameter dapat dibaca dan dimanipulasi dengan matematika: slab + = 10 atau (! Slab = 100) jika ... .

set zDepth (integer)
Menyetel titik di mana zShade sepenuhnya transparan. Diabaikan jika disetel sama dengan zSlab (dalam hal ini setelan pelat dan kedalaman digunakan).

set zShade
Secara default efek ini off. Setel zshade ON mengaktifkan efek "kabut" atau "pudar", yang menaungi objek berdasarkan jarak dari pengamat sedemikian rupa sehingga objek yang jauh memudar ke latar belakang. Menggunakan nilai pengaturan SLAB dan DEPTH untuk menentukan titik tanpa efek dan efek penuh, masing-masing (secara default 100 dan 0). Pengaturan SLAB dan DEPTH diganti oleh ZSLAB dan ZDEPTH saat ZSLAB tidak sama dengan ZDEPTH. (Keduanya 0 secara default) Efek diaktifkan terlepas dari pengaturan ( slab ON / OFF ) dan direset ke OFF setelah reset atau pemuatan model baru.

set zShadePower (integer)
Parameter ini dapat disesuaikan (biasanya 1, 2, atau 3) untuk menciptakan efek kabut yang lebih kuat saat zShade diatur ke ON.

set zSlab (integer)
Menyetel titik di mana zShade sepenuhnya buram. Diabaikan jika disetel sama dengan zDepth (dalam hal ini set SLAB dan DEPTH digunakan).

Tulisan integer maksudnya gunakan bilangan bulat.

Untuk mencoba langsung di laman ini silakan klik perintah yang dimaksud dan lihatlah efeknya pada kotak molekul 3D.



Berikut ini contoh hasil penerapan pencahayaan untuk molekul asam sulfat.


Warna latar:

Pengaturan specular:
Pengaturan specpower:
Pengaturan ambient:
Pengaturan diffuse:
Pengaturan celShading:
Pengaturan celShadingPower:

Sisanya silakan dicoba sendiri :)

KSJSS.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info