Cara Mudah Mencari dan Mengunduh File Kristal Jadi

Sabtu, 30 Januari 2021 edit

File-file model kristal 3D yang umum sebenarnya sudah tersedia di beberapa website pangkalan data kristalogi. Format yang adalah CIF (Crystallographic Information File) dan juga format lain. Siapapun dapat mengunduhnya secara bebas, tidak perlu lagi membuat sendiri. Walaupun begitu bila dapat membuat sendiri pasti akan memberikan pengalaman berarti. Misalnya membuat model struktur kristal yang pernah dibahas di sini. Ok, di mana dan bagaimana cara mencari dan mengunduh file CIF silakan simak artikel ini.

Pada artikel ini akan ditunjukkan cara mencari dan mengunduh file CIF di website.

Tampilan CsCl di Vesta

  1. Silakan klik tautan ini
  2. Bila tidak tahu parameter lain selain jenis unsur, ketik unsur-unsur penyusun kristal yang akan dicari. Di sini dicontohkan akan dicari struktur kristal CsCl.
  3. Pastikan batasan jumlah minimum dan maksimum unsur yang berbeda yang boleh disajikan pada hasil pencarian. Bila tidak mencari yang lain biasanya jumlah maksimum dibuat sama dengan jumlah minimum.
  1. Klik Send dan tunggu beberapa saat hingga data dan tautan file CIF dimunculkan.
  2. Klik kanan salah satu tautan file CIF dari kristal yang kita perlukan, kemudian pilih Simpan tautan sebagai.... Selesai.
Selanjutnya file CIF hasil unduhan ini dapat dibuka dengan aplikasi seperti VESTA atau yang lain. Bila belum memiliki Aplikasi Vesta sila unduh dari sini. Ini gratis, unduh, ekstrak dan jalankan file Vesta.exe yang berukuran sekitar 28 MB. Untuk Jmol dapat diunduh dari sini

Untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan memang masih perlu dilakukan ubahan parameter, misalnya jari-jari atom/ion, panjang ikatan, warna atom/ion. Ubahan ini relatif paling mudah dilakukan di Vesta.

Tutorial lebih detail dapat disimak dalam video berikut.


Tampilan CsCl di Jmol:
Selamat mencoba.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info