ChemSketch versus ChemDraw, Manakah yang Terbaik Digunakan Belajar Tata Nama Senyawa Organik?

Selasa, 18 Januari 2022 edit

Ada beberapa software menggambar struktur molekul organik. Ada yang freeware maupun berbayar. Kali ini diceritakan kemudahan penggunaan dua software kimia, ChemSketch dan ChemDraw. Perbandingan keduanya dibidik dalam rangka kemudahan ketika digunakan untuk menjelaskan tata nama senyawa di kelas. Aplikasi mana yang terbaik? 


Menurut pemahaman dan pengalaman menggunakan keduanya selama ini, aplikasi ChemDraw yang unggul bila digunakan untuk mempelajari tata nama senyawa organik. Walaupun demikian pengguna harus membelinya dengan harga relatif mahal bila ingin menggunakan yang versi offline. 

Sementara itu keunggulan yang dimiliki ChemSketch sifatnya yang freeware, gratis, dapat digunakan secara offline tanpa harus mengeluarkan uang. Untuk memperoleh fitur lebih di ChemSketch pengguna wajib untuk membayar lisensi.

Keunggulan utama ChemDraw ketika digunakan untuk menjelaskan tata nama, ia dapat melakukan update penamaan ketika struktur diubah, nama senyawa otomatis ikut berubah. Tidak perlu melakukan generate ulang untuk nama struktur molekul yang diubah tersebut. Sangat praktis. 

"Tetapi kan ini harus bayar!"

Bagaimana cara mendapatkan ChemDraw namun tidak ingin mengeluarkan uang? Membeli atau menggunakan versi online yang gratis, untuk mengaksesnya memang harus terhubung dengan internet.

Untuk ChemDraw versi online pengguna bisa langsung akses dari tautan ini dan akan dibawa ke website ChemDrawDirect. Layanan ini masih tersedia hingga tulisan ini dibuat. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ChemDraw online ini. 

Berikut ini simulasi ChemSkecth dan ChemDrawDirect.

Tutorial dalam format video dapat disimak pada kanal Youtube berikut.


Selain ChemDrawDirect sebenarnya pengguna juga dapat menggunakan aplikasi online seperti yang pernah ditulis di sini.

KSJSS.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info