Ini adalah alternatif lain cara untuk membuat gradasi warna obyek di Blender 3D. Cara ii relatif lebih sederhana dibanding cara sebelumnya. Ini hanya sekadar catatan penulis sebagai pengguna Blender 3D pemula. Catatan ini dibuat dari penjelasan di sini.
- Buat objek Monkey
- Beri material (warna) default putih
- Buka Shader Editor (Tab Shading)
- Tambahkan input Texture Coordinate (Add > Input > Texture Coordinate)
- Tambahkan Mapping (Add > Vector > Mapping)
- Tambahkan Separate XYZ (Add > Converter > Separate XYZ)
- Tambahkan Gradient Texture (Add > Texture > Gradient Texture)
- Tambahkan ColorRamp (Add > Converter > ColorRamp)
- Hubungkan output setiap bagian ke node disisi kanannya. Dimulai dari kiri ke kanan berturut-turut hubungkan:
Generated (Texture Coordinate) - Vector (Mapping),
Vector (Mapping) - Vector (Separate XYZ),
Z (Separate XYZ) - Vector (Gradient Texture),
Color (Gradient Texture) - Fac (ColorRamp),
Color (ColorRamp) - Base Color (Principled BSDF) - Ubah warna di ColorRamp, baik di bagian kiri dan kanan, serta tambahkan warna lain di bagian tengah.
- Di bagian Principled BSDF , Ubah Roughness menjadi 0 (nol) dan Metallic sekitar 0.2.
Shader editor akhir seperti berikut.
KSJSS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar