Tutorial Blender Dasar: Menambahkan Asset Buatan Sendiri ke Asset Browser

Kamis, 13 Januari 2022 edit

Menggunakan aset baik berupa objek maupun material yang diletakkan dalam asset browser dapat meng-efisienkan kerja. Tidak perlu menyalin atau membuat ulang dari nol baik objek maupun material. Tutorial ini dipraktikkan menggunakan Blender 3.0 berdasarkan tutorial di sini

Pengaturan awal

Klik menu Edit > Preferences > File Paths. Arahkan folder sebagai tempat menyimpan file-file asset baik berupa objek, material, maupun yang lain.


Membuat Asset

  1. Buat sebuah objek atau material, bebas apa saja.

  2. Tarik sedikit ke atas bagian bawah layar dan ubah Editor Type menjadi Asset Browser, semula Time line (Playback)

  3. Di sisi kanan layar, Scene Collection, klik kanan nama objek yang akan dimasukkan atau ditandai sebagai asset, pilih Mark as Asset. 
    Dengan demikian ada tambahan objek dalam Asset Bowser, tetapi ini hanya berlaku untuk file yang saat ini aktif (Current File).

  4. Agar Asset dapat digunakan setiap membuka Blender, ubah Current File menjadi User Library. Namun Asset objek yang ditambahkan belum masuk di All User Library, agar asset tersebut masuk di sini, klik menu File > Save as... dan beri nama file ***.blend.

    File ini sebaiknya berisi beberapa objek atau material yang akan ditambahkan sebagai asset. 

  5. Selesai.

Tutorial dalam format video dapat disimak pada kanal Youtube berikut.


Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2022 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info