Tutorial Blender Dasar: Membuat Gradasi Dua Warna

Senin, 17 Januari 2022 edit

Banyak alternatif cara untuk membuat gradasi warna obyek di Blender 3D. Salah satunya seperti tutorial ini. Ini hanya sekadar catatan penulis sebagai pengguna Blender 3D pemula. Catatan berikut ini ditulis berdasarkan tutorial cara membuat warna gradasi menurut tutorial di sini

  1. Buat objek silinder
  2. Beri warna tertentu, misalnya hijau
  3. Buka Shader Editor
  4. Gandakan Principle BSDF dan ubah warna menjadi warna lain, misalnya kuning
  5. Tambahkan Mix Shader (Add > Shader > Mix Shader), hubungkan kedua Principle BSDF hijau dan kuning ke node Mix Shader
  6. Tambahkan input Texture Coordinate (Add > Input > Texture Coordinate)
  7. Tambahkan Separate XYZ (Add > Converter > Separate XYZ)
  8. Hubungkan output Object dalam Texture Coordinate ke node Vector dalam Separate XYZ
  9. Tambahkan Map Range (Add > Converter > Map Range)
  10. Hubungkan output Z dalam Separate XYZ ke node Value dalam Map Range
    (Warna gradasi akan diterapkan searah sumbu Z)
  11. Di Map Range ubah nilai From Min (menjadi -1) dan From Max (tetap 1)
  12. Hubungkan output Result dalam Map Range ke node Fac dalam Mix Shader.
Sampai di sini warna gradasi sudah berhasil dibuat, namun bila ingin melakukan pengaturan lebih lanjut dapat ditambahkan beberapa bagian lagi sebagai berikut.
  1. Tambahkan Converter Clamp (Add > Converter > Clamp)
  2. Tambahkan Input Value  (Add > Input > Value) dan letakkan di antara Map Range dan Mix Shader
  3. Tambahkan Converter Math (Add > Converter > Math), ubah Add > Multiply, ubah value menjadi -1.
  4. Duplikasi Math dari hasil langkah-15 dan ubah Multiply menjadi Add, ubah value menjadi 1.
  5. Hubungkan output Multiply ke node To Min di Map Range, hubungan output Add ke node To Max di Map Range.
  6. Untuk membuat variasi warna gradasi silakan ubah-ubah angka di Value hingga diperoleh warna gradasi yang diinginkan.
Shader editor akhir seperti berikut.


KSJSS.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info