Cara Memasang Widget PubChem 3D Molekul di Website atau Blog

Jumat, 22 Januari 2021 edit

Ada beberapa cara menanam (embed) model struktur molekul 3D yang bersifat interaktif. Salah satunya adalah dengan menanam widget dari PubChem. Memang belum dapat menampilkan murni molekul secara individu dengan cara yang akan dijelaskan dalam tutorial ini. Visual molekul yang ditampilkan masih disertai banyak tautan yang mengarah ke situs PubChem, yang mungkin juga akan banyak berguna terkait informasi dari molekul yang ditampilkan.

Berikut ini contoh widget PubChem yang menampilkan struktur Aspirin.


Untuk memasang widget seperti di atas silakan salin script berikut ini ke dalam postingan website atau blog. Silakan salin ke mode code/HTML.

<iframe class="pubchem-widget" src="https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/aspirin#section=3D-Conformer&amp;embed=true" style="border: 0; height: 600px; width: 100%;"></iframe>

Agar lebih responsif boleh juga iframe dari widget tersebut diletakkan dalam div dengan style tertentu.

Untuk molekul lain silakan mengganti tulisan "aspirin" dengan nama molekul lain atau kode tertentu sesuai aturan yang diberikan oleh PubChem. Caranya memang harus lebih dahulu mencari struktur molekul yang tersedia di pangkalan data PubChem dan yang sudah tersedia model 3D-nya. Bila ragu sebaiknya menggunakan nomor unik yang disebut Compound CID. Misalnya kalau kita akan mencari molekul asam sulfat, nanti kita akan melihat dari hasil pencarian Compound CID: 1118. Begitu dan seterusnya.
Widget ini hanya dapat ditampilkan satu saja, kecuali bisa melakukan modifikasi sendiri. Artinya untuk molekul dari senyawa lain mesti mengganti kodenya.

Jika ingin menampilkan molekul 3D lebih dari satu silakan menggunakan cara lain, seperti yang pernah dijelaskan dalam blog ini. Dengan menggunakan 3DMol.Js, atau menggunakan Jmol.

Selamat mencoba.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info