Contoh Strategi Penyelesaian Soal Stoikiometri, Konsep Mol serta Konversi Satuan dengan Teknik Perbandingan

Rabu, 13 Februari 2019 edit

Berikut ini penjelasan strategi penyelesaian soal stoikiometri untuk contoh soal yang sempat diunggah pada tulisan sebelumnya. Alur penyelesaiannya dapat dilakukan seperti pada gambar berikut.
Sebagai contoh berikut soal #6 yang ditampilkan pada tulisan yang dapat diunduh pada bagian akhir tulisan ini.

Soal #6: Berapa gram O2 yang digunakan untuk menghasilkan 0,72 liter CO2 pada keadaan STP?

Diketahui:
0,72 liter CO2

Ditanya:
Massa O2?

Strategi:
Peta penyelesaian 3 tahap:
  1. Konversi volume CO2 ke satuan mol
  2. Gunakan perbandingan koefisien untuk menentukan jumlah O2 berdasarkan jumlah CO2 yang diketahui.
  3. Konversi jumlah zat O2 ke satuan massa O2.

Secara matematis gambar tersebut dapat diubah seperti berikut ini, namun ini bukanlah keharusan, boleh dilakukan boleh juga tidak asal sudah paham cukup dihitung langsung saja.

$\mathsf{0{,}72 \times \dfrac{1}{22{,}4} \times \dfrac{5}{3} \times \dfrac{32}{1} = 1{,}7~gram~O_2 }$

Untuk contoh soal lain penyelesaiannya seperti pada gambar di atas. Hubungan bagian kolom satu dengan kolom lain merupakan proses perkalian. Setiap kolom merupakan perbandingan untuk konversi satuan.

Perhatikan tanda coret yang diberi warna berbeda, itu menandai variabel yang sama yang dapat dicoret. Antara pembilang dan penyebut dapat dilakukan penyederhanaan bila mungkin.

Hal paling penting adalah menentukan strategi penyelesaian soal. Secara umum penyelesaian selalu dimulai dan diakhiri dengan konversi satuan yang umum digunakan dalam hitungan kimia (stoikiometri).

Yang menjembatani antara konversi awal dengan konversi akhir adalah perbandingan jumlah zat (mol) menggunakan pembanding koefisien zat dalam persamaan reaksi setelah disetarakan jumlah setiap atomnya. Kecuali bila dalam soal hanya diselesaikan dalam satu atau dua tahap.

Untuk membantu proses hitung dalam mempelajari konsep mol beserta rumus yang berlaku silakan gunakan kalkulator berikut:
Berikut contoh blanko (tanpa penyelesaian) soal stoikiometri (konsep mol) melibatkan konversi satuan mol ke satuan lain yang diselesaikan dengan cara perbandingan dapat diunduh dari sini. Format berkas DOCX.

Tampilan blanko yang dimaksud seperti berikut:



Untuk penyelesaiannya dapat diunduh dari tautan ini, format PDF.

CMIIW
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info