Modifikasi Template Blogger itu

Jumat, 20 Maret 2015

Sebulan terakhir ini saya asyik utak-atik template blogger untuk kebutuhan blog saya yang ini. Baru kali ini serius ingin ngeblog menggunakan blogger dengan modal "pertanyaan" di benak. Untuk sedikit mengerti dari mana lagi gerbangnya kalau tidak melalui Google. Semua nyaris tersedia jawaban atas rasa ingin tahu meski kadang perlu memeras otak untuk bisa menerapkannya. Jika sudah berhasil tak lama punya modal buat menulis tutorial tentang apa yang baru saja saya lakukan. Maklum tak punya pengetahuan tentang html, css, dan skrip kecuali secuil saja selama ngeblog di wordpress dot com itu. Akhirnya perlahan semua keingintahuan saya menjadi terang benderang sekadar ingin punya blog berbasis blogger ini.


Pilihan template CornerMag bikinan "kakawalan sabenua" adalah karena alasan kesederhanaannya. Bikin sendiri, ah... belum bisa. Hanya berbekal coba dan coba saja toh akhirnya paham dasar-dasar html, css, dan sedikit tentang skrip yang diperlukan untuk aktivitas tadi. Dari kesederhanaan namun tetap powerful, waktu load relatif singkat toh saya jadi gatal untuk segera bereksperimen untuk utak-atik (mengubahnya) sehingga yang tidak saya butuhkan saya sembunyikan bahkan saya hapus dari muka bumi dan saya pasang hal lain yang menurut saya itu perlu. Selain itu juga template ini bersifat responsif terhadap alat yang digunakan pengunjung, baik laptop, hingga smartphone dengan berbagai ukuran resolusi layar.

Memodifikasi template blogger apapun templatenya memang diperlukan kesabaran, ketelatenan untuk mengamati skrip-skrip itu demi tampilan agar sesuai selera. Cornermag yang asli seperti tampilan di sini atau screenshoot-nya bisa dilihat di bawah ini.


Hasil modifikasi saya seperti yang terlihat di blog ini.


Beberapa perjalanan saya memodifikasi template tadi saya tulis di halaman ini.
Modalnya adalah sesering mungkin mencari jawaban atas keingintahuan itu, yang utama adalah mencarinya di website w3schools.com, di situ lengkap tetang pengetahuan untuk keperluan ngeblog atau bahkan untuk membuat website. Selain itu adalah banyak tutorial yang tersedia tinggal menuliskan kata kunci di Google dan klik cari. Hanya kadang pilihan ajuan pertanyaan akan sangat menentukan hasil pencarian, kalau tidak kita akan dibawa entah ke mana :) Lebih baik lagi jika kita mengerti Bahasa Inggris, akan lebih banyak informasi yang kita dapat untuk utak-atik template blogger. Menurut saya tutorial yang Berbahasa Indonesia sudah cukup saja namun jika tidak didapati maka bahasa asing-pun boleh-lah walau hanya tau yes-no-next saja. Pokoknya cari jawaban atas rasa ingin tahu itu dan terapkan. Sekali lagi perlu kesabaran dan ketelatenan dan tentu saja ini semua memakan waktu sesuai kecerdasan dan ketabahan diri :D Seperti saya sudah sebulan masih banyak sekali yang tak saya mengerti tentang blogger ini.

Walau ngeblog tidak nge-trend lagi tapi saya yakin blog akan tetap eksis sebagai pilihan pribadi yang mungkin tidak terpenuhi dari media sosial yang semakin memalingkan banyak orang. Karena itulah saya mau belajar dari nol dan dari berbagai sumber. Barang kali ini akan memperlambat kepikunan karena dengan utak-atik, belajar dan belajar yang menjadi kesukaan membuat otak kita tetap aktif. Jadi jika ada yang mau belajar utak-atik skrip sepertinya tidak ada istilah terlambat. Ini hanya hobi bukan keharusan.




Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info