Tentang Blog


Urip dot Info. Semula blog ini dibuat berbasis wordpress yang jejaknya masih dapat dilihat pada web.archive.org ini. Sekarang beralih menggunakan blogger. Pertimbangannya hanya satu ingin mencoba hal baru meskipun ngeblog menggunakan wordpress.org belum juga paham. Bersamaan ini penulis juga masih mempertahankan keberadaan blog di wordpress.com.


Urip.wordpress.com yang masih aktif hingga saat ini

https://web.archive.org/web/20130427073809/http://urip.info/
Urip.info ketika menggunakan wordpress.org.


Di wordpress.com sudah lumayan lama dan cukup betah walau agak bosan menggunakan hanya tampilan itu-itu saja.  Dengan blogger.com siapapun dapat me-mermak habis isi blognya, jika sudah ngerti cara me-mermak-nya :) Jika belum paham pun tetap dapat dilakukan, toh tutorial sudah banyak sekali. Hanya saja kadang pengguna pemula blogger.com agak sedikit kebingungan terhadapa apa yg tidak dimengertinya terutama tentang komponen dalam blogger.com.

Beberapa pengalaman selama menggunakan blogger.com untuk mengkreasi blog urip dot info ini akan ditulis dengan bahasa yang agak manusiawi. Bukan berarti penulis paham benar tetapi berdasarkan pengalaman menerapkan berbagai tutorial yang ada. Bagaimana tampilan, menata, menambah, dan memodifikasi template untuk blog ini akan dibuat catatan perjalanannya. Barangkali akan dapat sedikit membantu buat sesama pemula dalam menggunakan blogger. Yah, penulis termasuk pemula dalam menggunakan blogger ini. Jadi mari bersama memulai belajar.

Domain urip dot info yang dihubungankan dengan blog di blogger.com (blogspot.com)
Memilih nama domain itu sesuai selera, tanpa banyak pertimbangan, pesan, bayar jadi. Tentu karena maunya nama domain ini gue banget maka jadilah pilihan nama penulis dengan akhiran dot info, maunya sih dot com tapi sudah ndak tersedia. Ini tidak lepas dari saran teman saya agar makai dot info saja. Toh memang maksudnya penulis akan memberi info yang bermanfaat buat yang membutuhkan. Siapapun bisa ngecek domain yang ingin dibeli itu tersedia atau tidak melalui layanan seperti di indotarget.net/ atau di rumahweb.com dan juga tempat lainnya, silakan manfaatkan google.

Pilihan template
Soal pilihan template blog juga sesuai selera tinggal pilih banyak bertaburan, pilih yang gratis toh bisa di permak, dimodifikasi sendiri. Kebetulan yang sesuai selera penulis ada di  My Blogger Themes. Nama templatenya adalah Cornermag. Aslinya dapat dikunjungi di http://cornermagazine.blogspot.com/  Tentu masih banyak lagi tempat penyedia template gratisan. Tinggal download - ekstrak - upload file extensi .xml ke template blogger.

Mengubah template
Pertama setelah mendapat template sesuai selera boleh deh langsung meng-unggah file xml template tersebut. Ini untuk pertama kali. Selanjutnya boleh dilakukan mengubah header, bagian atas dari tampilan blog ini. Yah seperti adanya ikon media sosial yang diikuti penulis itu. Ini akan ditulis pada postingan terpisah sebagai catatan pengalaman saja.

Blog ini secara standar templatenya tidak tersedia menu navigasi drop down, maka ini bisa kita tambahkan secara manual.

Banyak sekali tutorial bagaimana menambahkan hal yang dimaksud. Salah satunya yang diterapkan dengan mengikuti tutorial dari Mas Matthes James Taylor ini. Ambil sampel yang sudah fix bagian code yang paling panjang. Kalau mengikuti yang di bagian awal itu masih belum fix, itu hanya untuk pembelajaran saja. selanjutnya tinggal edit bagian-bagian nama menu - sub menunya saja. Oh ya lalu diletakkan di mana? Iya lupa kita sudah harus sudah terbiasan bagaimana menambah ruang add widget. di bagian template yang bisa dapat dilihat di bagian tata letak.

Bagaimana menambahkan bagian dari hal ini adalah coba cari tulisan pada template sesi edit html "showaddelement" tinggal ganti max widget berapa buah dan ganti no menjadi yes. ......class='navbar' id='navbar' maxwidgets='2' showaddelement='yes'


Membuat Multi Tabber Widget
Blog ini semula menggunakan multi tabbed widget seperti tuturial di sini. Tanpa memodifikasi dan mengikutinya begitu saja dan hasilnya adalah seperti berikut ini. Namun untuk memuat secara keseluruhan ternyata dengan menggunakan multi tabbed ini memerlukan waktu relatif lebih banyak (walau hanya beberapa detik saja), maklum karena bowser mesti membaca beberapa script perintah agar semua dapat termuat. Oleh karena itu diputuskan untuk tidak lagi menggunakan multi tabber widget.


Daftar Tulisan
Untuk daftar tulisan di blog ini menggunakan cara sebagaimana ditulis di sini tentu dengan beberapa penyusaian.

Lebih lanjut tentang perjalanan, perubahan, pembaharuan blog ini saya abadikan dalam cerita atau tutorial dalam kategori Tutorial Blogger. Berharap dapat memberi manfaat buat rekan yang memerlukan.

Bagikan di

5 komentar:

  1. This is a great article. It gave me a lot of useful information. thank you very much.
    I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article.
    Bulk SMS Hyderabad, Bulk SMS

    BalasHapus
  2. salam kenal aja pak guru dari Seruyan. Jarang-jarang ada guru juga blogger :D

    BalasHapus
  3. salam kenal pak guru,thanks ilmunya ,walaupun agak susah sya pelajari tapi sy copy dulu..sambil mendowlaod lagi cara dan penggunaan bloger,semoga allah membalas kebaikan atas ilmu yang dibagukan amin

    BalasHapus
  4. pak, blognya bapak itu yaang mana aja sebenarnya? saya ingin tahu semua postingan bapak

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info