Ribuan Model Molekul 3D Interaktif Offline Untuk Pembelajaran Kimia

Rabu, 01 Januari 2020 edit

Berikut ini adalah file zip yang saya peroleh dari web kimia stolaf edu. File ini berisi aplikasi coolMolecules berbasis Jmol. Aplikasi ini memiliki data cukup lengkap yang ditampilan sama seperti yang ada di web resminya, hanya ini dikemas dalam format offline, tanpa perlu jaringan internet. Silakan unduh filenya pada tautan di bawah. Bagaimana cara penggunaannya silakan simak pada tutorial singkat pada video berikut.

Aplikasi ini murni menggunakan Jmol, software opensource, untuk pemvisualan kimia. Pengguna tinggal pilih model molekul yang disediakan, bahkan untuk penggunaan pembelajaran sudah diberikan saran cara penyampaiannya. Karena memang berbasis 3D interaktif maka pengguna dapat memilih menu atau tools yang disediakan.


Bila selama ini agak sulit menemukan contoh molekul yang akan dipelajari, terutama untuk pembelajaran kimia di SMA atau tingkat universitas tahun pertama, aplikasi ini sangat membantu. Membantu pagi pengajar untuk menjelaskan kepada peserta didik. Membantu siswa atau mahasiswa untuk melakukan eksplorasi lebih jauh tentang topik kimia tertentu.


Aplikasi ini sama dengan aplikasi Orbitals yang sebelumnya dibagikan melalui tulisan di blog ini, aplikasi coolMolecules ini juga berbasis web, tetapi jangan kuwatir ini benar-benar tidak perlu koneksi internet, cukup jalankan sesuai tutorial dalam video berikut.

Tampilan seharusnya bila semua syarat terpenuhi sebagai berikut.




Cara Menginstall WAMP di Windows

Aplikasi ini berbasis web dan mengharuskan di komputer yang akan digunakan harus terinstall server virtual, misalnya menggunakan XAMPP atau WAMP atau yang sejenis.

Bila di komputer belum terpasang sila unduh dan pasang (install) Wampserver sesuai dengan tipe sistem windows. Bila tidak yakin gunakan saja Wampserver 32 bit.

Unduh dari tautan berikut untuk Wampserver 32bit
ATAU 
Unduh dari tautan berikut untuk Wampserver 64bit.

Silakan install Wamp dengan klik ganda file wamp**bit.exe dan ikuti petunjuk yang diberikan selama proses pemasangan.

Detilnya dapat disimak melalui video berikut.


Cara Menjalankan Aplikasi coolMolecules

Dengan asumsi di komputer telah terpasang WampServer berikutnya adalah mengunduh aplikasi coolMolecules dan menjalankannya dengan WampServer.

Unduh aplikasi coolMolecules (pemodelan molekul) dari Stolaf dot edu dengan klik tautan ini.

Lebih jelas silakan simak video tutorial cara menggunakan aplikasi coolMolecules dari Stolaf Edu.


Fitur yang tersedia dalam coolMolecules seperti yang tertampil dalam gambar utama dalam tulisan ini, memang menu Experimental Methods tidak dapat diakses namun yang lainnya dapat berjalan dengan baik.

Bila model-model molekul belum bisa tampil seperti dalam video, mungkin di komputer yang digunakan belum dipasang Java Runtime Eviroment (JRE). Sila pasang JRE lebih dahulu. Unduh JRE dari sini, setelah terunduh pasang dengan klik file hasil unduhan dan ikuti petunjuk yang diberikan pada layar.

Berikut ini adalah tautan offline yang dapat digunakan sebagaimana yang dicontohkan dalam video tutorial. Tujuannya bila kesulitan untuk mengakses menu-menu yang tersedia pada coolMolecules dapat dilakukan hanya dengan klik dari tautan berikut.
Bila ada yang ingin didiskusikan dapat langsung menulis komentar di bagian bawah postingan ini.

Selamat belajar untuk menyiapkan masa depan diri agar semua menjadi lebih baik. Semoga kimia Indonesia semakin maju.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info