Bentuk Molekul/Ion dengan 7 Domain Elektron

Jumat, 03 Januari 2020 edit

Pada tulisan ini ditampilkan bentuk-bentuk molekul/ion yang memiliki 7 domain elektron. Domain elektron dapat diartikan sebagai jumlah total pasangan elektron dalam suatu molekul, baik pasangan elektron ikatan (PEI) maupun pasangan elektron bebas (PEB). Menurut teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion) PEI dan PEB turut menentukan bentuk molekul atau ion. Bentuk molekul/ion ditampilkan secara 3D interaktif disertai referensi valid.



Molekul/ion dengan rumus AX7 contohnya molekul IF7 , yang memiliki bentuk  bipiramidal pentagonal dengan bilangan koordinasi 7. Bilangan koordinasi 7 boleh diartikan atom pusat mempunyai 7 domain elektron ikatan atau 7 PEI dengan atom di sekitar atau atom pusat mengikat 7 atom lain. Referensi tentang IF7 dapat dibaca di sini.

Visual 3D interaktif molekul IF7



Molekul/ion dengan rumus umum AX6E contohnya anion XeOF5 dan IOF52–. Bentuk molekul/ion AX6E adalah piramidal segi lima atau piramidal pentagonal. AX6E juga memiliki 7 domain elektron, terdiri 6 PEI dan 1 PEB. Boleh dikatakan bentuk piramidal pentagonal ini merupakan turunan dari pentagonal bipiramidal, yang salah satu "sumbu utama"-nya semula PEI diganti oleh PEB.  Referensi tentang ion ini dapat dibaca di sini atau di sini

Visual 3D interaktif anion XeOF5




Molekul/ion dengan rumus umum AX5E2 contohnya XeF5. Bentuk anion XeF5 adalah segi lima datar atau planar pentagonal. AX5E2 juga memiliki 7 domain elektron, terdiri 5 PEI dan 2 PEB. Boleh dikatakan bentuk piramidal pentagonal ini juga merupakan turunan dari pentagonal bipiramidal, yang salah dua "sumbu utama"-nya semula PEI diganti oleh PEB.  Referensi tentang ion ini dapat dibaca di sini.

Visual 3D interaktif anion XeF5




Ringkasan bentuk molekul/ion dengan 7 domain elektron dapat disimak pada tabel berikut.

Domain
elektron
PEI
(X)
PEB
(E)
Bentuk Molekul/Ion Sudut Ikatan Molekul/
Ion
7 7 0 bipiramidal pentagonal 90°, 72°, 180° IF7
7 6 1 piramidal pentagonal 72°, 90°, 144° XeOF5
7 5 2 planar pentagonal 72°, 144° XeF5

Mohon dikoreksi bila ada hal yang kurang tepat, terima kasih.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info