Unduh Animasi Sains dan Matematika untuk Pembelajaran

Selasa, 29 Oktober 2019 edit

Membuat animasi bagi kebanyakan guru bukanlah hal yang mudah. Bila tidak dapat membuat sendiri bolehlah menggunakan buatan pihak lain. Bagi kawan-kawan yang berprofesi guru, terutama guru pelajaran sains (fisika, kimia, biologi) dan guru matematika, berikut ini saya bagikan banyak file animasi yang dapat dijadikan tambahan referensi pembelajaran.

Semula ini saya peroleh dari web “hidden” secara tidak sengaja tahun 2012 dan semua file menggunakan nama penomoran. Sayang sekali saat ini web tersebut sudah tidak dapat diakses lagi. Untung saya sudah unduh semua dengan menggunakan WinHttrack (ini aplikasi untuk menyedot seisi web). Selanjutnya saya unggah ulang ke google drive agar mudah diakses dan lebih banyak manfaat.

Untuk menjalankan simulasi/animasi di browser yang digunakan harus terinstall flash player atau yang sejenis. Untuk yang hendak memainkan secara luring disarankan menggunakan Swiff-player. Swiff-Player dapat diunduh dari sini.

Berikut ini gambar tangkap layar beberapa file animasi setiap bidang.

Animasi Kimia

Animasi Fisika

Animasi Biologi

Animasi Matematika

Silahkan klik tautan berikut sesuai minat atau bidang saudara. Ini adalah animasi pembelajaran yang betul-betul beda, dari yang banyak beredar.
Karena deskripsi masing-masing animasi pranala tidak tersedia, kecuali untuk biologi, itupun hanya beberapa deskripsi nama filenya, maka saya sarankan mengunduh semua. Boleh juga menyimpan di drive masing-masing.

Animasi-animasi di atas dapat disisipkan dalam media pembelajaran lain untuk presentasi di kelas maupun disisipkan dalam e-modul yang sendang ngetren sekarang.

Selamat mengunduh, dan selamat memanfaatkan media pembelajaran agar bahan ajar semakin menarik dan mudah dipahami bagi siswa.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2024 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info