Nilai-nilai Karakter Positif dalam Belajar Menggambar Struktur Lewis

Senin, 07 Oktober 2019 edit

Setiap pembelajaran memiliki nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan pembiasaan positif. Dalam pembelajaran kimia, misalnya, proses menggambar struktur molekul ala Lewis untuk senyawa kimia.


Berikut karakter yang mungkin dapat diambil dari proses pembelajaran menggambar struktur Lewis.
  1. Analisis, ketelitian, kecermatan
    Untuk menggambar struktur Lewis memerlukan analisis detil setiap atom yang berikatan. Memastikan atom-atom yang mungkin berbeperan sebagai atom pusat, dan atom lain atau ligan atau atom luar.

    Atom pusat biasanya keelektronegatifannya lebih kecil dibanding atom lain dalam molekul, biasanya berjumlah satu, kecuali H, tidak pernah menjadi atom pusat.

    Cermat dan teliti menghitung elektron valensi setiap atom dalam molekul, dapat memanfaatkan golongan atom-atom dalam sistem periodik unsur.
    Menghitung jumlah elektron yang mungkin digunakan dalam berikatan setiap atom.

  2. Disiplin dalam mengikuti aturan
    Umumnya atom-atom dalam molekul akan mengikuti aturan oktet (atau duplet untuk atom kecil) dalam membentuk ikatan kovalen.
    Setiap 1 ikatan terdiri dari sepasang elektron.

    Atom H dan F jarang berperan sebagai atom pusat. Khusus atom pusat yang masuk golongan 5A/6A/7A periode ketiga memungkinkan untuk tidak mengikuti aturan oktet, mungkin bisa lebih dari 8 elektron.

    Menggambar struktur Lewis ada pola yang harus diikuti, mulai dari menentukan atom pusat, menentukan jumlah elektron valensi, hingga memilih formasi struktur yang paling mungkin.

  3. Pandai melihat peluang dengan segala kemungkinannya
    Ada beberapa kemungkinan susunan atom dalam molekul. Biasanya akan terdapat beberapa formasi atau susunan atom dalam molekul. Melihat kembali prinsip, aturan, sebelumnya maka akan diperoleh kemungkinan yang paling tepat.

  4. Logika dan berhitung secara matematis
    Bila atom pusat memiliki sejumlah elektron valensi maka akan diperoleh kemungkinan ikatan yang terbentuk, tergantung atom apa yang akan berikatan dengan atom pusat.

    Dengan tetap memperhatikan prinsip aturan oktet atau oktet diperluas, atom pusat apakah harus membentuk ikatan tunggal, ikatan doble, ikatan tripel.
    Dengan mempertimbangkan muatan formal maka dapat dipilih struktur yang relatif stabil. Dengan prinsip muatan formal sebisa mungkin nol. Tentang muatan formal dapat dibaca di sini.

  5. Keuletan dalam berlatih hingga mencapai tingkatan mahir.
    Sangat banyak molekul yang dapat dijadikan bahan latihan menggambar struktur molekul.

    Tidak harus guru yang meminta, tetapi siswa sendiri harusnya mau melakukan sendiri, mencari rumus kimia relevan. Dapat ditemui dari internet atau buku ajar. Misalnya dari website ini dan website ini. Ada kunci jawabannya untuk sekadar membantu membimbing diri.

    Semakin sering berlatih menggambar struktur Lewis molekul dengan berbagai variasi akan menjadikan refleks positif.
Bila pembaca ingin menambahkan daftar karakter positif dalam belajar menggambar struktur Lewis silakan menuliskan pada kotak komentar, nanti akan ditambahkan dalam daftar tulisan ini. Terima kasih.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2019 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info