Struktur N2O3 Berbeda dengan P2O3?

Minggu, 03 Januari 2021 edit

Sebelum membahas perbedaan struktur N2O3 dan P2O3, berikut beberapa sifat dari keduanya. N2O3 berbentuk padatan berwarna biru pada suhu rendah (di bawah nol derajat Celsius) dan merupakan anhidarat HNO2, maksudnya bila N2O3 dilarutkan dalam air akan terbentuk HNO2. Dimer P2O3 yaitu P4O6 berbentuk padatan tidak berwarna pada suhu rendah dan merupakan anhidarat dari H3PO3
Nitrogen (N) dengan nomor atom 7, keadaan netral N mempunyai 7 elektron dengan konfigurasi 1s2 2s2 2ps3. Elektron dalam N hanya mengisi sampai di kulit kedua dengan radius 71 pikometer.

Ditinjau dari bilangan kuantum N, maka bilangan kuantum utama (𝓃) terbesar adalah 2, dikaitkan dengan bilangan kuantum azimuth (𝓁), atom dengan π“ƒ = 2 hanya berkemungkinan π“ = 0 (orbital s) dan π“ = 1 (orbital p). Pada N tidak mungkin memiliki π“ = 2 (d). Ingat maksimal besarnya π“  = π“ƒ 1.

Fosfor (P) dengan nomor atom 15, keadaan netral P mempunyai 15 elektron dengan konfigurasi 1s2 2s2 2ps6 3s2 3ps3. Elektron dalam P mengisi sampai di kulit ketiga dengan radius 114 pikometer.

Ditinjau dari bilangan kuantum P, maka bilangan kuantum utama (𝓃) terbesar adalah 3, dikaitkan dengan bilangan kuantum azimuth (𝓁), atom dengan π“ƒ = 3 berkemungkinan π“ = 0 (orbital s), π“ = 1 (orbital p) dan π“ = 2 (orbital d). Jadi pada P memungkinkan memiliki π“ = 2 (d).

Struktur molekul menggambarkan keadaan struktur paling stabil, memiliki energi minimum, bila dalam komputasi kimia maka dapat ditempuh dengan melakukan optimisasi molekul menggunakan basis tertentu.
Struktur N2O3 secara hibridisasi sp2 ia berbentuk datar/planar dengan basis segitiga datar, untuk kedua atom pusat N.  

Karena orbital d yang tidak tersedia dalam nitrogen, maka struktur kedua trioksida berbeda. N2O3 sangat tidak stabil sementara P2O3 dapat membentuk dimer menjadi P4O6. N2Osendiri tidak dapat ditemukan bentuk dimernya seperti pada P2O3. Dimer adalah penggabungan dua molekul sejenis menjadi satu molekul yang lebih besar oleh karenanya ia menjadi stabil.
P2O3 dalam dimer P4O6 
(Struktur setelah clean-2D, PEB untuk O tidak ditampilkan)

Struktur monomer P2Osangat berbeda dengan N2O3 karena posisi satu atom O di antara dua atom P itu hibridisasinya sp3 (basis tetrahedral), P memang memiliki hibridisasi sp2 (basis segitiga datar). Ketika membentuk dimer P4O6 maka secara keseluruhan baik atom P dan O memiliki hibridisasi sp3. Secara satuan ia berbentuk trigonal piramida dengan pusat di P, karena atom pusat P terdapat pasangan elektron bebas. 
Gambar model struktur Lewis dalam tulisan ini sepenuhnya dibuat dengan menggunakan MarvinSketch. Video tutorialnya ada di sini. Visual 3D divisualkan dengan Jmol.

Mohon dikoreksi bila ini keliru.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2021 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info