Sedikit Catatan Menggunakan Latex di Blog ini

Jumat, 06 Maret 2015

Menuliskan persamaan dengan menggunakan latex akan menghasilkan tampilan persamaan yang bagus. Hanya diperlukan pembiasaan saja. Tidak cukup sekali atau dua kali, tapi sesering mungkin sesuai kebutuhan. Tidak pula mesti dihafalkan nanti juga akan hafal dengan sendirinya, apalagi kalau kita belajarnya sembari daring (online). Seperti yang saya lakukan untuk menuliskan beberapa rumus sederhana di blog ini.


Saya biasa memanfaatkan layanan penulisan latex secara daring di http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php. Tinggal mengetikkan rumus sesuai yang dimau layaknya menggunakan equation editor di aplikasi microsoft word. Hasilnya kode latex tinggal disalin dan ditempel pada postingan atau halaman tempat kita menulis. Cukup diawali dengan tanda dolar ($) dan diakhiri dengan tanda dolar (saya menggunakan Mathjax di blog ini) juga tulisan latex kita akan diubah sebagai mana persamaan yang kita inginkan.  Yakin nanti kita tidak terus-teruskan klak-klik kalau sudah terbiasa. Misalnya untuk sekedar membuat super script atau sub script atau menyisipkan tanda kali saja kita akan terbiasa dan hafal juga.

Cara memasang Mathjax di blogspot/blogger ada 2 cara tapi cukup dilakukan salah satu saja: memasang script MathJax dalam langsung atau memasangnya dengan

  • Memasang script MathJax ke dalam template langsung: seperti biasa kita mesti login ke dalam blogger masuk dashboard, kemudian klik Template, letakkan script Mathjax di dalam bagian <head> ....letakkan script Mathjax di sini..... </head>.
  • Memasang script Mathjax dengan menambahkan gadget html/javascript: login ke dalam blogger masuk dashboar, kemudian klik Tata Letak (Layout), Tambahkan Gadget, Pilih Html/JavaScript. Salin-rekat script MathJax dalam kotak konten, kotak judul dikosongkan saja.
Script Mathjax yang perlu dikopikan adalah sebagai berikut:
 <script src='http://cdn.mathjax.org/mathjax/latest/MathJax.js' type='text/javascript'>  
 MathJax.Hub.Config({  
 extensions: [&quot;tex2jax.js&quot;,&quot;TeX/AMSmath.js&quot;,&quot;TeX/AMSsymbols.js&quot;],  
 jax: [&quot;input/TeX&quot;, &quot;output/HTML-CSS&quot;],  
 tex2jax: {  
 inlineMath: [ [&#39;$&#39;,&#39;$&#39;], [&quot;\\(&quot;,&quot;\\)&quot;] ],  
 displayMath: [ [&#39;$$&#39;,&#39;$$&#39;], [&quot;\\[&quot;,&quot;\\]&quot;] ],  
 },  
 &quot;HTML-CSS&quot;: { availableFonts: [&quot;TeX&quot;] }  
 });  
 </script>  


Lantex online

Beberapa hal penting bagi kebanyakan orang awam seperti saya dalam menggunakan Latex adalah bagaimana membuat tulisan kita tidak italik (miring), kemudian memberikan spasi normal seperti halnya kita mengetik biasanya. Ternyata itu tidak sulit, tinggal menulis '\text ..... di awal tulisan kemudian mengapit tulisan yang mau dibuat mode normal tersebut dengan tanda kurung kurawal { .... } jadi deh huruf kita tidak miring/italik lagi. Spasinya yah dibuat normal saja seperti mengetik biasanya.
Oke itu dulu tulisan ini akan ditambahi/diedit seiring pengalaman kepentingan menggunakan Latex dalam penulisan di blog ini.
Bagikan di

2 komentar:

  1. lebih cepat rendernya mathjax dari pada image codecogs, terutama untuk halaman yg bnyak equationnya.
    contohnya di www.meetmath.com.

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info