Memahami Script yang Tak Manusiawi itu!!!

Rabu, 11 Maret 2015

Memahami sebuah atau berbuah-buah skrip (script) bukan perkara mudah bagi saya yang sangat awam dalam hal skrip. Untungnya saya punya modal rasa ingin tahu sehingga saya sedikit tahu cara menyimak skrip yang sangat tak manusiawi itu. Yah, sangat tak manusiawi buat orang awam :( .






Apa boleh buat, saya salin skrip itu kemudian ditempel di kotak pencarian Doraemon eh Google dan saya dapat beberapa petunjuk mengarah ke apa yang ingin saya ketahui. Ini spekulasi untuk mendapat sebuah petunjuk blue ala Dora gak pakai emon. Seperti dugaan pembaca saya mendapat batu akik mahal ituhhh Oh.... bukan, tapi maksudnya skrip yang tertulis itu.


Oke singkat cerita, saya mendapatkan informasi berharga bahwa skrip yang saya dapati itu ternyata di "kompres" atau dienkripsi (biar orang awam tidak mengerti kecuali hanya bagi orang-orang beriman saja) oleh yang membuat, entah dengan maksud tertentu pasti, misalnya untuk memaksa saya kenal dengan dunia alam goib ini, dunia skrip. Ok-ok saya akan coba menyelaminya. Bahkan ketemu juga hal lucu bahwa membuat skrip yang hanya mengungkapkan kata "hai" saja jika dienkripsi beberapa kali kita akan geleng-geleng memahaminya, GILA!

Oke singkat cerita kedua :D
Jadi pembuat program atau entah apa namanya, jika membuat skrip bisa di enkripsi (menurut KBBI enkripsi = tulisan dalam kode; sandi;) bahkan enkripsi itu bisa dienkripsi lagi dan lagi seperti pernyataan kata "hai" tadi. Kata enkripsi ini sendiri bisa saja disebut "packed" kalau bahasa kita mungkin dipak atau dibungkus. Nah agar mengerti isinya kita tentu harus membuka bungkusan itu,  istilah lainnya "decript" dan kalau saya tak salah memahaminya ini perlu di-"unpack" oleh unpacker alias pembuka bungkusan. Mohon buat pembaca yang paham soal ini saya diberi penjelasan jika saya salah memahaminya.

Singkat cerita ketiga, halah!
Saya mendapatkan cara secara instan untuk membaca skrip yang aduhai itu. Namanya  "A JavaScript Decompressor". Itu aplikasi bersifat online memang, toh ketika saya ingin membaca skrip dari template blog blogger sedang online jadi ndak masalah :) Alamat website-nya di http://dean.edwards.name/unpacker/ 
Cara menggunakan layanan ini (saat ini gratis, entah nanti) cukup menyalin skrip yang gak manusiawi itu ke kotak pertama kemudian klik tombol di bawah kotak isian tadi. Seperti gambar berikut ini.


Hasil unpack ini buat saya sudah sedikit lebih manusiawi, meskipun harus mengernyitkan jidat untuk memahaminya. Berharap buat pemula yang ingin memahami skrip-skrip di template blogger atau skrip di mana pun berada jika skripnya di enkripsi kita dapat men-decript-nya seperti cara tadi.






Bagikan di

2 komentar:

  1. artikelnya bagus, bahasanya kocak gan. haha..
    mau coba dulu ya

    BalasHapus
  2. hahahaha sipp deh.. memang tidak manusiawi

    BalasHapus

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info