Konversi Teks dari Microsoft Word ke HTML

Kamis, 12 Maret 2015

Menulis di blogger tidak senyaman di wordpress dot org (ini pendapat pribadi). Menu editor draft pada blogger sangat terbatas (sama dengan di wordpress.com) belum bisa dilakukan penyesuaian dengan kebutuhan pengguna. Keterbatasan itu memaksa pengguna mesti bolak-balik ke mode Rich Text - HTML - Rich Text - HTML. Apalagi saat menuliskan beberapa tulisan yang terkait zat-zat kimia, ini jadi kurang asyik. Tapi apa boleh buat, lanjut saja.


Andai saya ingin menyalin tulisan dari aplikasi olah kata semacam microsoft word yang sebelumnya saya buat secara offline ke dalam editor blogger, maka kalau dilihat pada mode HTML huuuuh skrupnya bejibun, sak abrek, dan tak penting-penting amat itu ada. Kadang saya bekerja secara luring (offline) membuat tulisan di aplikasi Microsoft Word atau sejenisnya kemudian ingin berbagi di blog maka saya mesti menyalinnya ke editor draft blogger, nah itu tadi masalahnya tulisan sederhana saja kode html-nya muncul seabrek secara otomatis walaupun jika di mode rich text semua itu tidak tampak. Tidak masalah sih sebenarnya tapi jadi kurang profesional-lah haalaah. Tapi apa boleh buat, lanjut saja.

Selanjut-lanjutnya lanjut tentu saya sendiri ogah untuk pasrah begitu saja, mesti mencari jalan lain dengan harapan skrip yang tidak perlu ada di tulisan saya lenyap dari layar kerja. Salah satu caranya adalah mengonversi teks dari word ke html. Ini adalah satu-satunya cara yang saya tahu, mengonversi tulisan dari Microsoft Word ke html dengan cara daring (online), mungkin ada yang lain yang lebih mudah untuk dilakukan,.

Beberapa yang bisa kita gunakan antara lain.

Prinsip dari ketiganya sama dengan prosedur kerja >> salin (copy) teks dari Microsoft Word kemudian rekat (paste) ke area yang disediakan >> klik tombol/menu untuk mengonversi >> salin hasil konversi ke dalam editor draf blogger. Lakukan beberapa pengeditan seperlunya, dan jika siap langsung terbitkan tulisan tadi.

Bagikan di

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2015-2016 Urip dot Info | Disain Template Oleh Herdiansyah Hamzah Dimodivikasi Urip.Info