Menu Jmol: Mode ModelKit vs Menu Popup Klik Kanan

Sabtu, 25 Januari 2020 edit

Menu Jmol sekilas tampaknya tidak lengkap dan seakan miskin kemampuan. Itu kesan pertama doeloe. Belum kenal Jmol. Sebagai software penampil 3D molekul Jmol ternyata powerfull. Ini karena kontribusi banyak orang. Jmol bersifat opensource. Di balik kesederhanaan sebenarnya terdapat sumber yang luar biasa (dapat dilakukan via konsul). Memang tidak semua asal klak-klik terus jadi. Berikut ini pengenalan menu-menu Jmol.

Bagi pembaca yang belum memiliki Jmol silakan unduh dan simak cara memasangnya di komputer (OS Windows) tutorialnya tersedia di sini.

Menu utama Jmol memang terbatas. Tidak semua tool diletakkan di menu dan submenu utama.

Membuat model molekul pertama (metana) dengan klik ikon CH4 maka kita langsung masuk mode modelkit. Menu dan submenu dalam mode Model Kit seperti pada Gambar-1, 2, 3, 4, dan 5.

Dalam mode modelkit ini beberapa hal simpel dapat dilakukan, mulai dari menghapus atom/ikatan, mengganti atom/ikatan, mengubah muatan atom dalam molekul, dan lain-lain.

Gambar-1

Gambar-2

Gambar-3

Gambar-4

Gambar-5
Untuk keluar dari mode modelkit klik exit modelkit mode seperti pada Gambar-5.

Setelah keluar dari modelkit, sila klik kanan untuk melihat menu lebih lanjut (tentu saja dengan menu-submenu relatif lebih lengkap) seperti Gambar-6

Gambar-6
Dalam menupopup ini semua fitur menu dan submenu utama Jmol tersedia dalam menupopup dengan fitur lebih lengkap. Misalnya ingin mengatur posisi Label atom di tengah permukaan atom pilih Centered, seperti Gambar-7.

Gambar-7
Demikian pula bila ingin mengubah warna atom, ikatan, label, axis dan lain-lain agar lebih bagus/kontras dengan latar tinggal pilih warnanya dari menu Color seperti pada Gambar-8.

Gambar-8
Untuk melihat orientasi molekul yang tertampil setelah diputar atau diperbesar dapat dilakukan hanya dengan klik submenu Orientation dari menu Show seperti Gambar-9.

Data orientasi molekul biasa langsung dibuka pada Konsul (Consule). Sedikit tentang orientasi molekul sudah dibahas di Cara Melihat Koordinat Orientasi Molekul 3D pada Jmol.

Gambar-9
Bagi orang Indonesia yang lebih suka menggunakan menu berbahasa Indonesia juga dapat mengubah bahasa antarmuka Jmol ke Bahasa Indonesia. Dapat diakses dari menu Language, kemudian beri centang id - Indonesia - Indonesia.

Gambar-10
Berikut contoh menu Jmol dengan antarmuka Bahasa Indonesia.

Gambar-11
Penjelasan detail tentang menu dan submenu pada Jmol dibahas terpisah.
CMIIW.
Bagikan di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015-2020 Urip dot Info | Disain Template oleh Herdiansyah Dimodivikasi Urip.Info